Komet - Tere Liye [REVIEW BUKU]

Maret 21, 2019


Judul : Komet
Penulis-1 : Tere Liye
Penulis-2 : Diena Yashinta
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Mei, 2018
ISBN : 9786020385938

Blurb

Setelah “musuh besar” kami lolos, dunia paralel dalam situasi genting. Hanya soal waktu, pertempuran besar akan terjadi. Bagaimana jika ribuan petarung yang bisa menghilang, mengeluarkan petir, termasuk teknologi maju lainnya muncul di permukaan Bumi? Tidak ada yang bisa membayangkan kekacauan yang akan terjadi. Situasi menjadi lebih rumit lagi saat Ali, pada detik terakhir, melompat ke portal menuju Klan Komet. Kami bertiga tersesat di klan asing untuk mencari pusaka paling hebat di dunia paralel. 

Buku ini berkisah tentang petualangan tiga sahabat. Raib bisa menghilang. Seli bisa mengeluarkan petir. Dan Ali bisa melakukan apa saja. Buku ini juga berkisah tentang persahabatan yang mengharukan, pengorbanan yang tulus, keberanian, dan selalu berbuat baik. Karena sejatinya, itulah kekuatan terbesar di dunia paralel.



Image result for komet
Source

Apa Yang Terjadi?


"Petualangan ini, meskipun kami sedang berada di dunia antah berantah, tetapi dengan selalu tetap bertiga, bersama sahabat terbaik, selalu saja ada momen-momen lucu."

Komet adalah buku kelima dari serial bumi karangan Tere Liye. Setelah sebelumnya ada Bumi, Bulan, Matahari, Bintang dan Ceros & Batozar.

Cerita dimulai ketika Raib, Seli dan Ali telah kembali dari klan bintang setelah berusaha menggagalkan rencana dari dewan kota Zamaras. Salah satu pasak yang telah mereka hancurkan tenyata adalah kunci untuk membuka penjara si Tanpa Mahkota. Akhirnya, si Tanpa Mahkota dapat bebas dari penjara yang telah mengurungnya beribu-ribu tahun lalu.

Ternyata, si Tanpa Mahkota pergi ke klan komet dimana klan ini menyimpan sebuah senjata paling kuat di dunia paralel. Tanpa pikir panjang, Raib, Seli dan Ali langsung menyusul si Tanpa Mahkota menuju klan komet.


“Setelah membacanya berhari-hari, memeriksa semua buku, aku akhirnya tahu apa sebenarnya komet.  Itu adalah nama klan, salah satu dunia pararel yang amat unik misterius.  Klan itu tidak stabil seperti klan bumi, bulan, atau matahari.  Klan itu selalu bergerak, melintas, persis seperti komet yang melintas.  Karena sifatnya itu, susah sekali mengetahui di mana posisi pastinya.  Tetapi menurut salah satu buku, portal menuju Klan Komet ada di Klan Matahari.” 

Uniknya, di klan komet ini mereka harus berpetualang ke tujuh pulau yang memiliki nama persis seperti nama-nama hari. Ketujuh pulau itu adalah:

  1. Pulau Senin
  2. Pulau Selasa
  3. Pulau Rabu
  4. Pulau Kamis
  5. Pulau Jumat
  6. Pulau Sabtu
  7. Pulau Minggu
Semakin jauh pulau yang dituju, semakin sulit pula tantangan yang akan mereka hadapi. Di setiap pulau, mereka akan bertemu dengan penghuni pulau tersebut. Uniknya lagi, penghuni pulau tersebut memiliki nama yang sama, yaitu Kay dan Nay. Selama perjalanan mengarungi tujuh pulau itu, mereka ditemani oleh seorang kapten kapal yang dibajak oleh perompak bernama Max. 

Lagi lagi, persahabatan mereka kembali diuji pada petualangan kali ini. Perjalanan mengarungi tujuh pulau bukanlah hal yang mudah. Belum lagi kecurigaan Ali selama perjalanan terhadap sosok Max.

"Ketahuilah, dalam hidup ini, kadang kita melakukan sembilan puluh sembilan kebaikan, lantas tidak sengaja melakukan keburukan tersebut, lupa betapa banyak yang telah kita lakukan.”

***

Gue kira komet adalah buku terakhir dari serial bumi. Ternyataaa... Ada lanjutannya lagi pemirsah! Serial bumi masih berlanjut di buku selanjutnya yang berjudul Komet Minor. 

Selesai baca komet, sejujurnya gue kesel. Kesel karena gue gak bisa nebak gimana ending dari komet karena endingnya berakhir dengan twist. Sedari awal gue juga udah gak yakin dengan Max. Tapi, gue juga gak kepikiran kalo ternyata Max adalah orang yang sebenarnya harus Raib, Seli dan Ali hindari.

Okey, langsung lanjut Komet Minor!

“Kekuatan paling hebat di dunia pararel bukanlah pukulan berdentum, bukan petir, bukan semua itu. Melainkan kebaikan hati.” 

***

REVIEW

Ide penulis: 4/5
Alur Cerita : 4/5
Penokohan : 4/5
Gaya Kepenulisan : 4/5

OVERALL SCORE : 4/5

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

1 comments

  1. tercerahkan nih gw kak, akhirnya makin yakin deh mau beli
    Thankyouuu

    BalasHapus