Bumi - Tere Liye [REVIEW BUKU]

Maret 05, 2019



Judul : Bumi
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku : 440 hlm.
ISBN : 9786020301129

Blurb


Image result for bumi tere liye foto buku


"Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh.
Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak.
Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan.
Namaku Raib. Dan aku bisa menghilang"

Apa Yang Terjadi?

"Banyak yang bisa menghilang. Banyak yang tidak terlihat oleh mata, tapi sebenarnya ada. Setiap hari, setiap detik, kita selalu hidup dengan sesuatu yang tidak terlihat oleh mata. Udara. Kamu bernapas dengannya, tanpa pernah berpikir seperti apa wujud asli udara. Apakah udara seperti kabut? Seperti uap? Apa itu oksigen? Bentuknya seperti apa? Kotak? Lonjong? Bahkan, kamu tidak perlu jadi setipis udara untuk tidak terlihat. Jika kamu terlalu kecil atau sebaliknya terlalu besar dari yang melihat, kamu bisa menghilang dalam definisi yang berbeda."

Bumi merupakan buku serial dengan genre fantasi asli Indonesia yang ditulis oleh penulis hebat yaitu Tere Liye. Awalnya, gue mengira bahwa novel ini sama dengan novel Tere Liye lainnya yang lebih mengungkap sisi kehidupan. Nyatanya, novel ini masuk dalam genre fantasi, bahkan action atau teenlit sekalipun karena alur ceritanya berpusat pada kehidupan remaja.

Bumi menceritakan seorang anak bernama Raib atau yang kerap disapa Ra yang masih berumur lima belas tahun. Ra ini adalah anak tunggal dan memiliki dua kucing yang ia beri nama si Putih dan si Hitam. Di sekolah, Ra termasuk dalam kategori anak yang biasa biasa saja, tidak terlalu populer juga tidak terlalu pintar. 

Image result for kucing hitam dan kucing putih
Source

Ra memiliki sahabat bernama Seli. Ra juga berteman dengan seorang anak laki laki bernama Ali yang pintar dan senang membaca. Mereka adalah teman satu sekolah dan satu kelas. Dalam novel ini, Ali digambarkan sebagai anak yang usil serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Karena sifat yang dimilikinya tersebutlah yang membuat Ali mengetahui apa yang dirahasiakan oleh Ra.

Ra memiliki rahasia; ia bisa menghilang. Ra bisa menghilang hanya dengan menutup wajahnya dengan kedua tangannya. Bahkan, ia bisa menghilangkan jerawat yang bersarang di wajahnya hanya dengan memikirkan jerawat tersebut hilang.

"Apapun yang hilang, tidak selalu lenyap seperti yang kita duga. Ada banyak sekali jawaban dari tempat-tempat yang hilang. Kamu akan memperoleh semua jawaban. Masa lalu, hari ini, juga masa depan."

Tidak hanya itu, ternyata bukan hanya Ra yang memiliki rahasia berupa kemampuan unik. Seli, sahabat Ra, juga memiliki kemampuan unik yaitu dapat mengalirkan listrik melalui tangannya. Wahh!

Karena rahasia dan kemampuan itulah, Ra dan kedua temannya dapat berkenalan dengan dunia paralel dan juga Tamus, sosok tinggi berbaju hitam yang mengincar sesuatu dari Ra. Hingga akhirnya mereka pergi untuk pertama kalinya berpetualang ke dunia paralel yaitu klan bulan.

"Dunia ini tidak sesederhana yang kamu lihat. Dunia ini seperti game yang jago kamu mainkan."

Di klan bulan, mereka bertemu dengan orang orang baru yang memiliki peradaban berbeda dengan tempat tinggal mereka di Bumi. Warga klan bulan memiliki peradaban lebih maju seperti adanya lorong berpindah dan pakaian yang langsung press ke tubuh. Selain itu makanan mereka berupa bubur kental berwarna hitam.

Mereka berkenalan dengan beberapa warga klan Bulan seperti Ily, Av, Ilo, Vey dan Ou. Dari mereka, Raib dan kawan kawan dapat mengetahui sedikit demi sedikit tentang dunia paralel. Dari dunia paralel, gue suka dengan konsep perpustakaannya walau menurut gue konsep ini mirip mirip di cerita Harry Potter. 

Image result for harry potter
Source

Kisah Persahabatan Antara Raib, Seli dan Ali.

Hal yang gue suka dari novel Bumi ini adalah tentang persahabatan yang terjalin antara Ra, Seli dan Ali. Mereka bertiga ini memiliki karakter unik dan berbeda satu sama lain. Ali yang usil, Seli yang cukup emosian dan tomboi juga Ra yang cukup pendiam dan feminim. 

Gue suka adegan dimana Ra sedang diusili oleh Ali. Menurut gue, Ali tuh tipe cowok yang badboy dengan tingkat percaya diri yang cukup tinggi. Kira kira, kalo novel ini akan difilmkan, siapa ya aktor yang akan mengambil peran sebagai Ali?

"Ketahuilah, sumber kekuatan terbaik adalah yang sering disebut dengan tekad, kehendak. Jutaan tahun usia planet ini, ribuan tahun kehidupan tiba di dunia ini. Semua mencoba bertahan hidup. Maka kehendak yang besar bahkan lebih besar bahkan lebih kuat dibandingkan kekuatan itu sendiri."

Quote Bumi - Tere Liye

REVIEW SCORE
Alur Cerita : 4/5
Gaya Penulisan : 4/5
Penokohan : 4/5
Overall Score : 4/5

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments