Rissa, Sebuah Pilihan Hidup oleh Larissa Chou [REVIEW BUKU]

Mei 12, 2019






Judul Buku : Rissa, Sebuah Pilihan Hidup 
Penulis : Larissa Chou
Penerbit : Falcon Publishing
Tebal Buku : 204 hlm
ISBN : 978-602-6714-50-3
Harga : Rp77.000,00 (Daerah Palembang)
Rate: 🌟4/5

Rissa, Sebuah Pilihan Hidup adalah sebuah buku yang menceritakan tentang kisah hijrah dari seorang wanita muallaf, Larissa Chou yang kemudian menikah dengan Alvin Faiz dan telah memiliki satu orang anak.


***
Larissa adalah seorang perempuan dari keluarga yang mengalami broken home sejak ia Sekolah Dasar. Ayah dan ibunya memilih untuk bercerai dan memutuskan untuk tidak tinggal bersama. Larissa pun harus memilih akan bersama siapa ia akan tinggal. Awalnya, Larissa memilih untuk tinggal bersama Oma dan Papa. Hingga saat ia telah tumbuh menjadi remaja, ia memilih untuk tinggal bersama ibunya.

Keluarga Larissa termasuk dalam keluarga yang taat dalam beribadah. Mereka rajin datang ke gereja. Tapi, seiring berjalannya waktu, Larissa merasakan suatu kehampaan dalam beribadah. Banyak pertanyaan muncul dalam benaknya. Terutama tentang kehidupan apa yang akan ia jalani ketika telah meninggal nanti.

Saat itu, Larissa sudah punya pacar yang ia panggil dengan kokoh. Larissa sangat menyayanginya. Namun cinta mereka harus kandas karena Larissa ingin dapat jodoh yang dapat membimbing hidupnya, bukan hanya sekadar memanjakan.

Perkenalan pertamanya dengan Islam melalui seorang laki-laki bernama putra. Putra mengenalkannya tentang Islam seperti sholat, dan menutup aurat. Putra juga menganjurkan Larissa untuk tidak memakai pakaian terbuka. Larissa menjadi kagum karena Islam begitu memuliakan wanita.

Tapi, hubungan mereka kandas karena tidak direstui oleh orang tua Larissa. Permasalahan agamalah yang membuat mereka tidak merestui hubungan tersebut.

Larissa tidak lagi berhubungan dengan putra, juga sahabatnya Isyana. Tapi Larissa terus mencari tau tentang Islam. Hingga akhirnya ia menemukan ask.fm milik Alvin Faiz. Larissa segera mengirim email untuk berdiskusi. Kurang lebih satu bulan, Larissa mantap masuk Islam. Dengan bantuan Alvin Faiz dan Isyana, teman Larissa yang beragama islam, Larissa akhirnya muallaf.

Cobaan datang silih berganti. Larissa ketahuan masuk isladan diusir oleh mamanya. Tapi Papa dan Omanya kembali menerima Larissa. Ternyata kehadiran Larissa membuat Papa dan Omanya memutuskan untuk masuk Islam juga.

Kebesaran Allah datang lagi di hadapan Larissa. Alvin akhirnya melamar Larissa. Saat itu usia mereka terpaut tiga tahun dan Alvin belum melaksanakan UN. Tapi, Larissa tetap menerima lamaran itu. Kurang lebih dua bulan, mereka menikah. Papa dan mamanya juga turut hadir ke pesta itu.

Perjuangan belum berakhir. Menikah muda memang tidaklah mudah. Ada banyak tantangan yang menunggu mereka. Kelahiran sang anak bernama Yusuf mampu menjadi penguat mereka dalam menjalankan kehidupan.


*** 

Saya menemukan buku ini secara tidak sengaja di rak buku cerita islami di toko buku Gramedia. Saat itu kebetulan sudah ada satu buku yang terbuka dari sampulnya. Karena saya penasaran, jadi langsung saya ambil kesempatan untuk membacanya langsung di toko buku. :)

Cerita hijrah Larissa sungguh menginspirasi. Meski banyak rintangan, ia tak pernah menyerah dan tetap berpegang teguh pada apa yang ia yakini. Walau konsekuensi yang ia terima harus membuat ia diusir dari rumah, Larissa tetap yakin akan pilihannya.

Tiap lembaran dalam buku ini memberi inspirasi bagi para pembacanya, termasuk saya sendiri. Tentang perjuangan tak gentar dari Larissa ketika ia ingin mengenal islam. Sifatnya yang sangat teguh pada pendirian itu membuat saya kagum dengan sosok beliau.

Buku ini menurutu saya, cukup worth it untuk para muslimah masa kini terutama yang masih ragu akan identitas dirinya atau untuk muslimah yang masih ragu untuk memakai jilbab sesuai syariat islam. Selain itu, buku ini juga cocok dibaca bagi kaum perempuan yang tertarik dengan Islam dan ingin menjadi muallaf.

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

9 comments

  1. Bukunya keren dan cocok untuk dibaca oleh siapa saja yang ingin termotivasi dalam beragama.
    Larissa keren juga dalam perjalanannya menuju Islam.

    Thanks Kak.

    BalasHapus
  2. Bukunya bener bener menginspirasi, semoga saja banyak orang yang bisa mencontoh pribadi larissa itu.

    BalasHapus
  3. Makasih kak reviewnya, sepertinya ini akan saya masukkan list buku yang harus di beli tahun ini hehehe.

    BalasHapus