Tips Membaca Buku Nonfiksi Agar Tidak Terasa Membosankan

April 02, 2019





Pernah gak sih kepikiran kenapa membaca buku yang memiliki genre nonfiksi itu sulit untuk dibaca? Kenapa buku nonfiksi terkadang membuat kita menjadi bosan ketika membacanya? 

Nah, dalam postingan kali ini, aku mau berbagi tiga tips agar membaca buku buku nonfiksi itu menjadi nikmat seperti kita membaca buku buku fiksi. Yuk, simak di bawah ini ya!

1. Pilih buku yang ringan dan sesuai dengan keadaan kita saat ini.

Ketika memutuskan untuk mulai membaca buku nonfiksi, pastikan kita memulainya dengan buku yang sesuai dengan kondisi kita saat ini. Tidak perlu memulainya dengan buku yang berat, kita hanya perlu memulai dengan buku yang sesuai dengan kondisi dan keadaan kita sekarang. Seperti buku buku self help atau biografi.

2. Pilih buku yang full colour atau banyak ilustrasi.

Saat ini sudah banyak beredar buku nonfiksi yang tidak hanya berupa tulisan, tetapi juga terdapat ilustrasi di dalamnya. 


Nah, kalau kamu ingin menumbuhkan minat pada bacaan nonfiksi, maka buku ilustrasi adalah pilihan yang tepat. 

3. Semua Hanya Tentang Apa Yang Kamu Pikirkan.

Yash! Kalo sebelum baca kamu udah mikir bacaan nonfiksi itu membosankan, yakin deh pasti kamu gak bakal menikmati prosesnya. Tapi, kalau kamu dari awal sudah menanamkan pikiran bahwa nonfiksi itu bacaan yang asyik dan penting, Insya Allah kamu akan bisa menikmati proses membacanya.


***

Nah, itu dia tiga tips yang bisa kamu jadikan referensi untuk membaca buku buku nonfiksi. Satu hal lagi yang terpenting; kita harus memulainya saat ini juga. Lebih tepatnya, Waktu terbaik untuk membaca buku nonfiksi adalah sekarang, bukan nanti.

Sudah siap untuk membaca buku nonfiksi?

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

2 comments

  1. no 2 menurut saya penting,,,apalagi kalau orang seperti saya yang cepet bosen kalau baca buku gk ada gambarnya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe benar sekali kak. Apalagi skrg udah banyak beredar buku berilustrasi tuh :D

      Hapus