Matahari - Tere Liye [REVIEW BUKU]

Maret 07, 2019



Judul Buku : Matahari
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2016
Tebal Buku : 400 hlm.
ISBN : 9786020332116


Blurb

Namanya Ali, 15 tahun, kelas X. 

Jika saja orang tuanya mengizinkan, seharusnya dia sudah duduk di tingkat akhir ilmu fisika program doktor di universitas ternama. Ali tidak menyukai sekolahnya, guru-gurunya, teman-teman sekelasnya. Semua membosankan baginya. Tapi sejak dia mengetahui ada yang aneh pada diriku dan Seli, teman sekelasnya, hidupnya yang membosankan berubah seru. Aku bisa menghilang, dan Seli bisa mengeluarkan petir. Ali sendiri punya rahasia kecil. Dia bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian bertualang ke tempat-tempat menakjubkan. 

Namanya Ali. Dia tahu sejak dulu dunia ini tidak sesederhana yang dilihat orang. Dan di atas segalanya, dia akhirnya tahu persahabatan adalah hal yang paling utama.


Apa Yang Terjadi?



“Pelajarilah catatan-catatan lama, kisah para petarung terbaik Klan Bulan, mungkin dari sana kau akan tahu jalan keluarnya.”

Matahari adalah buku ketiga dalam serial bumi yang ditulis oleh Tere Liye. Buku pertama dari series ini berjudul Bumi dan buku keduanya berjudul Bulan

Novel ini dibuka dengan cerita seorang Ali yang tiba tiba jago bermain basket di sekolahnya. Ali pun menjadi bahan pembicaraan cewek cewek sekolah, tak terkecuali Raib dan Seli. Raib pun tidak menyangka dan mencurigai apa motif dari kemampuan yang tiba tiba dimiliki oleh Ali.

Ali yang memiliki rasa ingin tahu cukup besar akhirnya membuat suatu penemuan baru yang dapat ia gunakan untuk pergi ke klan lain. Klan tersebut dikenal dengan klan Bintang. Ali membuat alat itu melalui referensi buku buku yang ia akses melalui suatu tabung perak berisikan seluruh soft copy buku di klan bulan. Ali mendapatkan tabung perak itu dari Ily. Dengan menggabungkan kemampuan klan bulan dan klan matahari, Ali menciptakan sebuah kendaraan berupa kapsul perak dan diberi nama ILY.

“Tidak pernah ada penduduk Klan Bulan yang pernah bertarung di Klan Matahari sehebat Ily.”

Mereka akhirnya berpetualang ke klan bintang menggunakan kapsul perak tersebut. Diketahui bahwa klan bintang ini terletak di kedalaman puluhan ribu kilometer di bawah permukaan bumi. Petualangan mereka kali ini cukup mendebarkan karena tidak ada orang dewasa yang menemani mereka.

Meskipun klan bintang terletak di bawah permukaan bumi, klan bintang memiliki peradaban jauh lebih maju dibanding klan bulan dan matahari. Klan ini dibangun oleh para leluhur klan bulan dan klan matahari sejak ribuan tahun lalu. Klan bintang memiliki ibukota di Zaramaraz dan diatur Sekretariat Dewan Kota. Hal unik yang terdapat di klan bintang adalah semua hal telah diatur sedemikian rupa agar bentuknya simetris.

***

Akhirnya gue bisa baca kembali lanjutan dari serial bumi. Ceritanya adalah kelanjutan dari petualangan Raib, Seli dan Ali. Kali ini mereka berpetualang ke klan bintang dan tentunya lebih seru dan buat gue kagum dengan karya imajinatif dari Tere Liye ini.

***

REVIEW

Ide Penulis : 4/5
Alur cerita : 4/5
Penokohan : 4/5
Gaya Kepenulisan : 4/5

OVERALL : 4/5

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

4 comments

  1. Matahari, Bulan, Bumi. Mayanlah buat review sebelum rogoh kocek akhir bulan. Makasih banget

    BalasHapus
  2. Makasih banget review-nya. Nyariin ini dari kemarin.

    BalasHapus