Bintang - Tere Liye [REVIEW BUKU]

Maret 08, 2019



Judul : Bintang
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Juni 2017
Tebal Buku : 392 hl
m

Blurb

Kami bertiga teman baik. Remaja, murid kelas sebelas. Penampilan kami sama seperti murid SMA lainnya. Tapi kami menyimpan rahasia besar. 

Namaku Raib, aku bisa menghilang. Seli, teman semejaku, bisa mengeluarkan petir dari telapak tangannya. Dan Ali, si biang kerok sekaligus si genius, bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian bertualang ke dunia paralel yang tidak diketahui banyak orang, yang disebut Klan Bumi, Klan Bulan, Klan Matahari, dan Klan Bintang. Kami bertemu tokoh-tokoh hebat. Penduduk klan lain. 

Ini petualangan keempat kami. Setelah tiga kali berhasil menyelamatkan dunia paralel dari kehancuran besar, kami harus menyaksikan bahwa kamilah yang melepaskan “musuh besar”-nya. 
Ini ternyata bukan akhir petualangan, ini justru awal dari semuanya… 


Apa Yang Terjadi?


“Hidup ini petualangan, Seli, hingga kita mengembuskan napas terakhir. Setiap detiknya berharga, apalagi setiap harinya. Setiap tempat yang kita datangi, setiap orang yang kita temui, kita tidak pernah tau siapa dan apa yang akan terjadi berikutnya. Tapi kita bisa melewatinya dengan selalu tulus, berusaha menjadi orang baik. Lewati petualangan itu bersama sahabat, saling percaya, saling membantu. Saat itu terjadi, dunia paralel menjadi terlalu sempit. Masih banyak tempat lain yang bisa dikunjungi."


Bintang adalah novel keempat dari serial bumi. Seri pertama berjudul Bumi. Seri kedua berjudul Bulan. Dan seri ketiga berjudul Matahari.

Petualangan Raib, Ali dan Seli kembali berlanjut setelah mereka berusaha keluar dari penjara kota Zamaras di klan bintang yang diceritakan pada buku sebelumnya. Mereka mengetahui bahwa dewan kota Zamaras memiliki rencana ingin meruntuhkan salah satu pasak bumi yang dapat menyebabkan hancurnya seluruh klan dan hanya menyisakan Kota Zamaras saja. Oleh karena itu, mereka segera menyampaikan peringatan akan hal itu kepada pimpinan klan bulan dan klan matahari agar kedua klan tersebut dapat saling bekerja sama. Setelah itu mereka kembali pulang ke Bumi dan berusaha menjalani kehidupan seperti biasanya.

Beberapa hari kemudian, mereka mendapat kabar dari Miss Selena mengenai keputusan yang telah disepakati oleh pihak klan bulan dan klan matahari. Mereka akan menjalani misi untuk mencari dimana letak pasak bumi dan menggagalkan rencana tersebut.

Ali berkontribusi dengan sangat baik di serial ini, Berkat kecerdasannya, Ali berhasil menemukan enam kemungkinan dari ribuan kemungkinan yang paling mendekati letak pasak bumi tersebut. Mereka akhirnya pergi menjalani misi berbahaya itu bersama Miss Selena dan sepuluh petarung terbaik dari klan bulan dan klan matahari.

“Selalu mendengarkan alam sekitar, Raib.  Itu kemampuan yang selalu kamu miliki.  Biarkan alam sekitar memberitahukan apa yang harus kamu lakukan, Nak."

Petualangan mereka tidak mudah dan lebih sulit dibanding petualangan mereka sebelumnya. Di klan bintang ini, mereka harus menelusuri lorong lorong kuno yang tak berpenghuni dan terus diperbaharui teknologinya oleh klan bintang.





***

Bisa gue pastikan kalau petualangan kedua Raib dkk di Klan Bintang lebih seru dan menegangkan daripada petualangan mereka sebelumnya. Konflik yang terjadi cukup padat dan menantang serta atmosfir petualangannya lebih berasa. Apalagi adanya ending yang twist dan gak sama sekali bisa gue tebak!

Perasaan emosional yang terjadi antar persahabatan Raib, Seli, dan Ali bermain dengan apik di buku ini. Pesan pesan moral yang diselipkan di setiap adegan juga berkorelasi dengan apa yang biasa kita jalani sehari-hari.

"Prinsip penting bagi seorang pengintai: Jika kita mengkhawatirkan setiap langkah yang dibuat, kita akhirnya tidak akan pernah berani melangkah.” 

***

REVIEW

Ide Penulis : 4.5/5
Alur Cerita : 4/5
Penokohan : 4/5
Gaya Kepenulisan : 4.5/5

OVERALL : 4.25/5

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments