Ceros dan Batozar - Tere Liye [REVIEW BUKU]

Maret 10, 2019



Judul : Ceros dan Batozar
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Mei 2018
ISBN : 9786020385914


Blurb



Awalnya kami hanya mengikuti karyawisata biasa seperti murid-murid sekolah lain. Hingga Ali, dengan kegeniusan dan keisengannya, memutuskan menyelidiki sebuah ruangan kuno. Kami tiba di bagian dunia paralel lainnya, menemui petarung kuat, mendapat kekuatan baru serta teknik-teknik menakjubkan. 

Dunia paralel ternyata sangat luas, dengan begitu banyak orang hebat di dalamnya. Kisah ini tentang petualangan tiga sahabat. Raib bisa menghilang. Seli bisa mengeluarkan petir. Dan Ali bisa melakukan apa saja.


Apa Yang Terjadi?


"Ketahuilah, bukan teknik bertarung, bukan menghancurkan gunung-gunung kekuatan terbaik dunia paralel, melainkan persahabatan." (hlm. 124)
 
Ceros dan Batozar adalah spin off dari petualangan Raib, Seli dan Ali yang tergabung dalam serial bumi. Ceros dan Batozar merupakan buku ke 4,5 setelah Bintang dan sebelum Komet. Walau cuma spin off, buku ini akan tetep gue baca karena pasti memiliki kesinambungan dengan cerita serial lainnya.

Serial Ceros dan Batozar dibagi menjadi dua bagian petualangan. Bagian pertama adalah Ceros dan bagian kedua adalah Batozar. 

- Ceros -

Kisah ini dimulai ketika Raib, Seli dan Ali sedang melakukan karyawisata ke luar kota. Kebetulan si cerdas Ali ernyata telah membuat suatu alat pendeteksi keberadaan dunia paralel dan ia membawa alat itu pada saat pergi karyawisata ke sebuah area peninggalan sejarah. 

Setibanya di sana, ternyata alat tersebut mendeteksi adanya dunia paralel yang memiliki kekuatan super berada di dalam perut bumi. Akhirnya mereka bertiga pergi mengunjungi dunia paralel tersebut menggunakan ILY versi 5.0. lengkap dengan teknologinya yang makin canggih. Fitur baru ILY itu diantaranya peka jika ada yang memanggil ILY dan ia juga mampu untuk menjalin komunikasi. Serta dapat menghilang alias tembus pandang.

Ketika mereka telah masuk ke dalam perut bumi, mereka menemukan dua makhluk raksasa dengan kepala badak bertubuh manusia yang menyerang mereka dengan ganas. Ternyata, dua makhluk tadi adalah jelmaan dari dua pemuda bernama Nglanggeran dan Nglanggeram yang berasal dari klan Aldebaran. Tempat yang saat ini mereka kunjungi bernama Bor-O-Bdur.

Nglanggeran dan Nglanggeram mengatakan bahwa tidak ada jalan keluar dari sana karena seluruh akses telah ditutup agar ceros tidak keluar. Satu cara yang dapat membuat mereka keluar adalah benda yang ternyata benda tersebut telah dicuri ribuan tahun lalu oleh si Tanpa Mahkota.

“Kalian harus tahu, kita bukanlah pihak yang menyedihkan di dalam ruangan ini.  Secara selintas, orang-orang mungkin akan lebih bersimpati kepada kita.  Pembaca kisah petualangan kita juga lebih menyukai kita.  Tetapi, sebenarnya si kembarlah yang paling pantas mendapatkan simpati.

- Batozar -

Batozar terjadi ketika Raib, Seli, dan Ali telah kembali aktif bersekolah lagi setelah pulang dari karyawisata. Tiba tiba, Miss Selena mengatakan pada mereka bahwa salah satu buronan dari klan bulan telah berhasil kabur dari penjara. Buronan itu bernama Batozar. Batozar adalah seorang pengintai dan petarung terbaik. Ia mampu melintasi portal cermin sebagai tempat untuk berpindah. 

Naas, ketika sedang mengejar Batozar, mereka diculik dan diasingkan ke kutub utara selama beberapa hari. Ada tujuan mengapa Batozar menculik Raib, Ali dan Seli. Dan tujuan itu ternyata memiliki hubungan dengan keluarga Batozar juga keluarga kandung Raib.

"Kita akan segera bertemu lagi dengannya, Ra.  Dia akan menjadi sekutu terkuat kita menghadapi si Tanpa Mahkota"

***

Ceros dan Batozar merupakan kisah di serial bumi yang paling memainkan emosi. Kisah tentang Batozar dan keluarganya serta pengorbanan Ali ketika di Bor-O-Bdur mengingatkan kita kembali bahwa persahabatan dan keluarga adalah harga yang paling berharga di dalam hidup kita. 

Petualangan dalam buku ini gak terlalu berasa seperti di klan bintang karena memang buku ini hanya spin off yang artinya pendalaman tentang suatu karakter dalam cerita. Tapi ya itu tadi, emosi dalam buku ini bener bener dimainkan. Gue sedih banget waktu baca adegan dimana pengorbanan Ali ketika berada di Ceros. Juga cerita Batozar dan keluarganya. Batozar ini menurut gue mirip Sirius Black di Harry Potter. Posisinya mereka sama sama dipenjara karena adanya salah paham.

Image result
source


***


REVIEW

Ide Penulis : 4/5
Alur Cerita : 4/5
Penokohan : 4/5
Gaya Kepenulisan 4/5

OVERALL : 4/5

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments