Baca Buku Gratis di Aplikasi iPusnas Yuk! [REVIEW IPUSNAS]

Februari 16, 2019

“Selama toko buku ada, selama itu pustaka bisa dibentuk kembali. Kalau perlu dan memang perlu, pakaian dan makanan dikurangi.” - Tan malaka - 



Era Revolusi Industri 4.0. saat ini sedang melanda seluruh khayalak di berbagai belahan dunia. Dunia digital menjadi suatu keniscayaan bagi para masyarakat tak terkecuali masyarakat Indonesia. Kebutuhan akan akses informasi kini menjadi lebih mudah dan leluasa karena dapat dengan mudah diakses melalui gawai.

Pada tahun 2019 ini, saya berkenalan dengan salah satu aplikasi yang wajib sekali untuk diunduh oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi para millenials yang gemar membaca buku dan haus akan ilmu pengetahuan.

Apa Sih Nama Aplikasinya?

Image result for ipusnas
sumber: iPusnas.id

Aplikasi ini dikenal dengan sebutan i-Pusnas atau Perpusnas Digital Library. Perpustakaan Nasional yang terletak di Ibukota Jakarta dapat kita akses hanya dengan melalui aplikasi yang dapat kita unduh melalui gawai. Praktis, kita yang tinggal jauh dari ibukota kini dapat menikmati akses buku tanpa harus datang ke perpustakaan langsung. Yeaay!

Aplikasi i-Pusnas telah dilengkapi dengan fitur e-Reader untuk membaca e-Book yang tersedia. Selain itu, i-Pusnas juga telah dilengkapi dengan fitur feed seperti sosial media. Aplikasi i-Pusnas ini dimiliki oleh Badan Perpustakaan Nasional bekerja sama dengan PT Woolu Aksaramaya sebagai bagian dari pengembangan aplikasi.

Aplikasi i-Pusnas sendiri telah memiliki berbagai ribuan koleksi e-Book yang dapat diakses secara gratis bagi para penggunanya. Berbagai koleksi e-Book ini dapat kita baca secara online maupun offline di berbagai perangkat seperti smartphone, tablet dan PC/Laptop. Waah, asyik!

Dokumen pribadi

Dokumen Pribadi

Dokumen pribai

Apa Itu Feed Dalam Aplikasi i-Pusnas?

Dokumen Pribadi
Feed dalam aplikasi i-Pusnas adalah kumpulan informasi bagi para user. Dalam feed ini tersedia fitur fitur seperti:

1. Koleksi buku terbaru
2. Rak peminjaman buku
3. Followers join e-Pustaka
4. Buku yang dipinjam oleh user lainnya
5. Perubahan status badge oleh user
6. Notifikasi dari admin i-Pusnas

Apa Saja Manfaat dari Fitur e-Reader yang ada di i-Pusnas?

Aplikasi i-Pusnas saat ini telah dilengkapi dengan fitur e-Reader loh sehingga kita tidak perlu lagi mengunduh aplikasi e-Reader seperti PDF, mobireader, WPS Office, dan sebagainya. Jadi, kita dapat leluasa membaca buku baik dalam format pdf ataupun epub. Cihuuyyy

Dokumen pribadi

Fitur e-Reader ini juga dilengkapi dengan berbagai keunggulan, yaitu:

1. Melihat daftar isi
2. Memberi bookmark
3. Merekomendasikan e-Book pada user lainnya
4. Mencari kata/kalimat dalam e-Book
5. Membuat catatan
6. Mengatur pencahayaan


Apa Syarat Agar Dapat Meminjam Buku?

Nah, apabila kita ingin meminjam buku, syaratnya sangat mudah. Kita cukup mendaftar dulu sebagai anggota di i-Pusnas dan setelah itu baru bisa login ke dalam i-Pusnas. Pendaftaran untuk menjadi anggota juga tidak dipungut biaya sama sekali! Gratiss tiss tiss


Kita dapat login ke i-Pusnas dengan cara berikut;

1. Isikan email yang telah didaftarkan
2. Isikan password
3. Klik sign in

Sedangkan cara untuk mendaftar di i-Pusnas adalah dengan cara berikut

1. Isikan username berupa nama lengkap
2. Isikan email yang valid
3. Isikan password yang akan digunakan untuk login
4. Isikan lagi password yang sama pada Confirm Password
5. Klik sign up untuk menyelesaikan registrasi

Untuk masa keanggotaan ini berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang kembali tanpa ada biaya apapun.

Lalu, Bagaimana Mekanisme Peminjaman Buku?

Syarat untuk meminjam buku adalah kita harus sudah terdaftar sebagai anggota lebih dulu. Untuk memudahkan peminjaman, saya sarankan teman teman untuk join seluruh e-Pustaka yang tersedia di feed. Fitur e-Pustaka ini terletak tepat di sebelah fitur koleksi. Apabila kita sudah join dengan e-Pustaka, maka kita dapat melakukan peminjaman semua buku yang ada di aplikasi ini.

Contoh rak buku peminjaman (dokumen pribadi)

Untuk melihat buku apa saja yang ada di i-Pusnas, kita dapat mengklik kolom koleksi yang tersedia. Kita juga dapat melihat koleksi buku dengan berbagai kategori seperti buku fiksi, novel, kumcer, puisi, pengembangan diri, psikologi, agama, buku bahasa asing, buku buku textbook kuliah, dan masih banyak lagi. Kalau sudah dapat, klik buku yang akan kita pinjam. lalu klik pinjam. Buku dengan otomatis akan masuk ke rak buku pinjaman kita.

Untuk meminjam buku, klik pinjam lalu buku akan terunduh sendirinya.

Kita dapat meminjam buku maksimal 3 buku setiap harinya. Satu buku dapat dipinjamkan paling lama selama tiga hari. Kemudian, buku akan otomatis hilang dari rak buku peminjaman kita. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir akan terkena denda jika terlambat mengembalikan. Buku yang telah kita pinjam juga dapat kita pinjam kembali jika belum selesai membacanya.
Apabila buku yang akan kita pinjam ternyata telah habis karena telah dipinjam oleh user lain, maka kita akan masuk dalam daftar antri dan menunggu hingga ada user lain yang mengembalikan.


Antrian terjadi apabila buku telah habis dipinjam (dokumen pribadi)

Ohya, selain meminjam buku kita juga dapat memberi sedikit ulasan terhadap buku yang kita baca. Cukup klik fitur komentar pada buku yang akan kita ulas.

Kelebihan i-Pusnas

Bagi saya yang gemar membaca tapi memiliki keterbatasan dalamengakses buku, maka i-Pusnas adalah solusi yang tepat dan wajib ada di gawai yang saya miliki. Buku buku yang tersedia cukup banyak dan cukup lengkap meski ada beberapa buku yang saya cari tidak tersedia di sini. Beberapa kali saya menemukan buku dengan terbitan baru telah ada di i-Pusnas.

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

i-Pusnas sangat membantu saya dalamenghemat uang untuk membeli buku. Jika selama ini saya harus ke perpustakaan baru bisa membaca, maka saya tidak perlu repot repot ke perpustakaan lagi karena dapat dilakukan di rumah. 

dokumen pribadi

i-Pusnas juga sangat membantu dalamembasmi penyebaran e-Book ilegal yang saat ini banyak tersebar luas. Dengan memakai i-Pusnas, kita dapat meminimalisir penggunaan e-Book ilegal.

Kekurangan i-Pusnas

Tak ada gading yang tak retak. Aplikasi i-Pusnas memang terbaik tapi bukan berarti sempurna. 

Aplikasi i-Pusnas juga memiliki kekurangan terutama mengenai kelancaran dalamengaksesnya. Beberapa kali saya menggunakan aplikasi i-Pusnas dan terjadi error. Saat itu, saya tidak bisa meminjam juga membaca buku. Kadang kala, aplikasi i-Pusnas logout dengan sendirinya. Saya memaklumi kejadian ini karena pengguna i-Pusnas pun sudah mulai banyak dan tersebar di seluruh Indonesia.

JANGAN LUPA DI ADD GUYS! HEHE (username: rizkyayunabila)

Nah, itu dia pengenalan beserta ulasan singkat mengenai aplikasi i-Pusnas yang saya gunakan sebagai akses untuk membaca buku dan mencari ilmu pengetahuan baru. Kehadiran i-Pusnas sangat membawa dampak besar bagi para mahasiswa yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli buku (contohnya seperti saya wkwk)

So, gak ada alasan lagi untuk tidak membaca buku karena tidak ada uang ataupun tidak punya buku. Manfaatkan kehadiran aplikasi i-Pusnas dengan sebaik-baiknya. Dan pesanku, jangan lupa biasakan membaca buku tiap hari. Tidak harus dengan bacaan yang berat. Saya sendiri pun sering membaca buku fiksi ataupun teenlit kok hehe (tapi tetap favorit saya hisfi).

Salam Literasi!^^

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments