#WisataRuangBaca : Main Ke Perpustakaan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Yuk!

Februari 11, 2019

Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” 





Bagi orang orang yang suka membaca, perpustakaan adalah tempat favorit untuk dikunjungi. Selain koleksi buku yang beragam, suasana perpustakaan yang sejuk juga sangat mendukung mood kita untuk membaca.

Beberapa waktu yang lalu, saya berkunjung ke salah satu perpustakaan umum di kota saya, Kota Palembang. Perpustakaan ini disediakan oleh pihak Bank Indonesia wilayah Sumatera Selatan. Perpustakaan ini dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat. Namun, tidak banyak yang mengetahui tentang keberadaan perpustakaan ini dikarenakan kurangnya sosialisasi terutama melalui media sosial.

Perpustakaan ini dikenal dengan nama Perpustakaan BI Sumsel. Perpustakaannya memang tidak terlalu besar dan luas seperti Perpustakaan Daerah Sumatera Selatan, tapi koleksinya tidak kalah menarik loh karena banyak koleksi terbaru disini.

Bagaimana Cara Berkunjung ke Perpustakaan BI Sumsel?
Perpustakaan BI Sumsel terletak di Jalan Jendral Sudirman No. 510, 20 Ilir I, Ilir Timur I, 20 Ilir D. I, Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30126 (untuk lokasi kamu bisa pake google maps yaa).

Saat masuk ke lingkungan Bank Indonesia, kita harus melapor dulu ke satpam yang berjaga di depan gerbang masuk. Setelah itu, kita akan diarahkan langsung untuk ke lobby sebelum masuk perpustakaan. 


Di lobby, kita diharuskan untuk mengisi buku tamu dan menyerahkan kartu identitas sebagai syarat masuk perpustakaan. Kartu identitas ini dapat berupa KTP ataupun KTM bagi yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Setelah itu, baru deh kita dapat masuk ke perpustakaan. Disini, kita akan mendapatkan kartu akses untuk masuk ke perpustakaan.


Rupa kartu akses masuk ke Perpustakaan BI Sumsel

Letak Perpustakaan BI Sumsel ini terletak di luar gedung lobby utama. Setelah keluar dari gedung lobby utama, belok kiri dan berjalan kurang lebih 500 meter. Gedung perpustakaan terletak di sebelah kanan. Nah, untuk dapat masuk ke perpustakaan, tempelkan kartu akses yang tadi telah diberikan oleh petugas di lobby dan taraaa! Pintu otomatis akan terbuka. Setelah masuk, kita harus naik satu tangga lagi untuk dapat ke ruang perpustakaan.


Suasana di luar perpustakaan (ruang tunggu)


Bagaimana Cara Meminjam Buku di Perpustakaan BI Sumsel? 

Mekanisme peminjaman buku di Perpustakaan BI Sumsel tergolong mudah loh dan tidak memberatkan. Kita hanya perlu menyediakan kartu identitas berupa KTP dan KTM sebagai syarat untuk meminjam. Kartu ini harus kita bawa semua dan tidak boleh jika hanya salah satu. KTP serta KTM ini nantinya akan ditahan oleh pihak Perpustakaan BI Sumsel dan baru dapat kita ambil kembali lagi setelah kita mengembalikan buku yang kita pinjam. Nah loh, jangan lupa balikin ya! hehe

Jumlah buku yang dapat kita pinjam maksimal tiga dalam jangka waktu dua minggu. Waktu yang cukup lama bukan untuk kategori peminjaman buku?

Bagaimana dengan Fasilitas Perpustakaan BI Sumsel?


Tidak hanya menyediakan buku bacaan, Perpustakaan BI Sumsel juga menyediakan fasilitas bagi para pengunjung untuk berdiskusi. Ada dua meja diskusi yang disediakan beserta satu ruang khusus yang dapat digunakan pengunjung untuk berdiskusi. Selain itu juga disediakan beberapa meja belajar untuk individu lengkap dengan lampu belajarnya.


Suasana dalam perpustakaan


meja belajar/baca individu lengkap dengan lampu belajar

Selain itu, perpustakaan BI Sumsel juga menyediakan space yang didekorasi secara khusus untuk anak anak. Terdapat buku anak anak dan benda pendukung lainnya seperti boneka, meja lipat dan bantal karakter yang ukurannya besar. Kalo lagi sepi, saya biasanya baca sambil tidur disini hihi.

Bagaimana Koleksi Buku yang Tersedia di Perpustakaan BI Sumsel? 


Koleksi buku yang tersedia di Perpustakaan BI Sumsel terdiri dari berbagai genre dan cukup update untuk buku buku terbaru. Tetapi karena perpustakaan ini disediakan oleh Bank Indonesia, maka koleksinya pun kebanyakan mengenai Bank Indonesia dan ilmu Akuntansi. Selain itu juga terdapat buku buku fiksi, manajemen, bisnis, pengembangan diri dan motivasi, persiapan test bahasa inggris, kesehatan, pengetahuan umum, agama dan buku khusus anak anak.


beberapa koleksi kamus dan pengetahuan umum


beberapa koleksi buku buku fiksi


beberapa koleksi buku fiksi

beberapa koleksi buku fiksi (Agatha Christie)




Kalau berkunjung ke sini, biasanya saya suka meminjam buku fiksi dan self development. Koleksinya cukup update dan sangat menarik untuk dibaca. Kalau beruntung, biasanya bisa dapet buku buku yang ada tulisan best seller-nya loh, hehe :)

Nah, itu dulu cerita saya mengenai Perpustakaan Bank Indonesia daerah Sumatera Selatan, salah satu perpustakaan yang dapat diakses oleh masyarakat umum. Semoga setelah ini makin banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan perpustakaan ini. Yuk, tutup media sosialmu dan budayakan membaca buku!


Salam Literasi ^^

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments