Belajar Prinsip 'Bodo Amat' Dari Mark Manson

Februari 23, 2019



"Being wrong opens us up to the possibility of change. Being wrong brings the opportunity for growth.” 

Pada postingan kali ini, saya akan lebih membahas tentang bagaimana caranya agar kita dapat bersikap prinsip 'bodoh amat' yang diajarkan oleh Mark Manson dalam bukunya yang berjudul Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat. Untuk review bukunya, kalian bisa baca disini ya :)

Menurut Mark Manson (2018: 16-21), ada tiga seni untuk bersikap masa bodoh, yaitu:

1. Masa bodoh bukan berarti menjadi acuh tak acuh; masa bodoh berarti nyaman saat menjadi berbeda. 


Kita tidak dapat mengubah fakta tentang kehidupan bahwa kita adalah makhluk yang berbeda. Kita tidak bisa menjadi sosok yang penting sebelumenjadi bahan tertawaan orang lain dulu. Tidak akan bisa dan oleh sebab itu kita harus masa bodoh terhadap mereka yang menertawakan diri kita yang berbeda.



Ketika kita memilih untuk berbeda, kegagalan dan kesulitan tentu akan sering kita jumpai. Tapi, poin intinya adalah bukan bagaimana cara menghindari kesulitan tersebut, melainkan bagaimana menghadapi hal sulit yang bisa kita hadapi dan nikmati.

2. Untuk bisa mengatakan ‘bodo amat’ pada kesulitan, pertama-tama kita harus peduli terhadap sesuatu yang jauh lebih penting dari kesulitan. 

Related image
Sumber

Related image
Sumber

Menemukan sesuatu yang penting dan bermakna dalam kehidupan kita, mungkin menjadi cara yang paling produktif untuk memanfaatkan waktu dan tenaga yang kita miliki. Karena jika kita tidak menemukan sesuatu yang penuh arti, perhatian kita akan tercurah untuk hal-hal tanpa makna dan sembrono.

Jadi, hal apa yang bermakna dalam hidupmu?

3. Entah kita sadari atau tidak, kita selalu memilih suatu hal untuk diperhatikan.

Image result for memilih
Sumber

Sejak kita lahir, kita selalu dihadapkan oleh sebuah fakta bahwa kita selalu merisaukan banyak hal. Dimulai dari warna topi yang tidak sesuai, ukuran baju yang sedikit besar, mode baju yang lama, dan sebagainya. Saat kita beranjak dewasa, kita lebih akan peduli terhadap banyak hal seperti bagaimana tanggapan orang lain terhadap diri kita, bagaimana dengan kaos kaki yang baru kita pakai, dan berbagai macam hal lainnya. Hingga akhirnya kita menyadari bahwa waktu dan energi kita banyak terbuang sia-sia akibat memikirkan banyak hal. 



Mulai saat ini, kita harus berlatih untuk memilih hal hal yang memang patut untuk kita perhatikan. Tidak semuanya kok, hanya hal hal tertentu saja, okay?


Nah, itu dia tiga prinsip dari Mark Manson tentang bagaimana caranya agar kita dapat bersikap masa bodoh. Tiga poin penting inilah yang harus kita ketahui dan kita terapkan setelah membaca buku Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat. Eitssmeskipun kamu sudah paham inti dari buku ini apa, kamu jangan lupa untuk membeli bukunya yaa. Dengan membaca seluruh isi bukunya, tentu kamu akan lebih paham tentang bagaimana seni dari bersikap masa bodoh. 

Selamat membaca! :)

Image result for the subtle art of not giving a f quotes
Sumber

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

1 comments