Nussa Official; Animasi Bernuansa Islami dari Indonesia

Desember 22, 2018

"Halo! Namaku Nussa. Dan ini adikku, Rara."


Pada tahun 2018, Indonesia diwarnai dengan berbagai inovasi dan gebrakan terbaru film film bangsa yang menggugah masyarakat. Buktinya, sepanjang tahun 2018 Indonesia banyak dipenuhi oleh berbagai macam kreasi film pendek yang diunggah pada situs youtube.

Akan tetapi, Indonesia masih kekurangan produksi film animasi khusus anak anak. Meskipun telah banyak yang mencoba untuk membuatnya, film animasi tersebut tidak banyak sampai diangkat di layar lebar. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Bangsa Indonesia untuk mengangkat kembali film animasi agar anak anak tidak terjerumus menonton tontonan yang belum sesuai umur dengan mereka.

Alhamdulillah, kehadiran Nussa Official mampu menjawab tantangan itu semua. Nussa Official hadir sebagai edukasi bagi anak anak yang disajikan melalui tampilan animasi. Konten yang disajikan pun selalu mengajarkan nilai nilai kebaikan islami dari hal terkecil misalnya selalu membaca Basmallah tiap mengawali kegiatan.

Image result for nussa official
source

Bagaimana Awal Terbentuk?
Nussa Official merupakan serial animasi yang diproduksi oleh The Little Giantz (TLG) bersama 4 Stripe Production. TLG ini sendiri merupakan rumah produksi yang dibentuk oleh sekelompok International Industry CG Spesialist di Jakarta.

Image result for nussa official
source

Karakter Karakter yang ada pada Nussa Official.
Pemeran utama dalam animasi edukasi ini adalah Nussa dan Rara. Mereka berdua adalah kakak beradik yang sangat lucu dan menggemaskan (ini dapat dibuktikan ketika kalian nonton first animasi yang mereka unggah gais!).

Karakter Nussa digambarkan sebagai seorang anak laki laki yang memakai gamis lengkap dengan kopiah putihnya. Yang mengejutkan, ternyata Nussa merupakan anak penyandang disabilitas. Kita dapat melihat ini pada kaki kiri Nussa yang menggunakan sebuah kaki palsu. Tapi, meskipun Nussa adalah penyandang disabilitas, beliau tetap semangat menjalani kehidupannya loh (ini yang harus diteladani dari Nussa).

Sedangkan Rara, adik dari Nussa, digambarkan sebagai seorang anak perempuan berumur lima tahun yang memakai pakaian muslimah lengkap dengan kerudungnya. Rara tampak polos dan selalu ceria.

Pengisi suara dari Nussa sendiri bernama Muzakki Ramadhan.Sedangkan pengisi suara dari Rara, adiknya Nussa, adalah Aysha Ocean Fajar. Suara yang mereka keluarkan sangat lucu dan bikin gemesss, hehe.

Image result for nussa official
source

Yang Beda dari Nussa Official.
Meskipun telah banyak animasi Indonesia yang beredar, kehadiran animasi Nussa selalu ditunggu tunggu. Ini dikarenakan cerita yang diangkat selalu berkaitan dengan ajaran islam terutama dalam hal mengerjakan kebaikan. Dengan begitu, anak anak akan lebih memahami nilai nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti kemarin, ada episode mengenai Rara yang tidak bisa tidur karena takut dan merasa seperti diganggu oleh syaitan. Nah, disanalah akhirnya Nussa memberi tahu dan mengajarkan Rara tentang adab adab sebelum tidur agar tidak diganggu syaitan.

Hal sederhana seperti ini, jangankan anak kecil, orang dewasa pun kadang suka lupa dan acapkali tidak menerapkannya dalam kehidupan nyata, hehe (jadi malu hm).


Image result for nussa official
source

Tokoh Rara yang imut dan lucu membuat para penonton setia Nussa selalu tertawa akan tingkah lakunya. Sedangkan Nussa, tentu lebih dewasa daripada Rara karena Nussa adalah seorang kakak. Kalo aku pribadi sih lebih suka Rara karena dia itu bener bener lucu! (Raa, aku padamu!)

Kehadiran Nussa sangat tepat ditengah keresahan masyarakat terutama orang tua yang menyadari bahwa kini film yang beredar di televisi sudah tidak banyak lagi menayangkan cerita anak, terutama yang berhubungan dengan pendidikan agama. Kebanyakan film di televisi menayangkan sesuatu yang belum layak atau belum boleh ditonton oleh anak anak.

Image result for nussa dan rara animasi
source

Nah, untuk kamu yang penasaran, kamu bisa nonton serial animasi Nussa di youtube yang selalu update hari Jumat tiap pekannya. Ohya, channel youtube Nussa kini telah mencapai 1,2 juta subscriber lebih loh padahal akun tersebut baru dibuat pada Oktober silam, wuih. Ini menandakan bahwa antusias masyarakat Indonesia terhadap animasi islami sangat tinggi ya, readers!

Liburan akhir tahun 2018 ini, jangan lupa ajak adik dan keluargamu untuk nonton serial Nussa ya!

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments