Le Petit Prince (Pangeran Cilik) - Antoine De Saint Exupery [REVIEW BUKU]

Desember 23, 2018

Judul Buku : Le Petit Prince (Pangeran Cilik)
Penulis : Antoine De Saint Exupery
Alih Bahasa : Henri Chambert-Loir
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 120 Halaman
ISBN : 9786020323411

"Orang dewasa tidak pernah mengerti apa apa sendiri, maka sungguh menjemukan bagi anak anak, perlu memberi penjelasan terus menerus"

Pada hari jumat lalu, aku berkunjung ke toko buku gramedia untuk membeli beberapa buku. Hingga pada akhirnya aku menemukan sebuah buku yang sangat menarik perhatian. Buku itu berjudul Le Petit Prince (Pangeran Cilik).

Aku telah membaca buku ini tahun lalu namun dalam english version. Dan kini aku menemukan buku yang sama dalam terbitan bahasa indonesia. Langsung saja tanpa perlu berpikir dua kali, aku langsung menuju ke kasir untuk membeli buku ini.

Buku Le Petit Prince merupakan terjemahan dari buku yang berjudul sama. Buku ini ditulis oleh Antoine de Saint Exupery, seorang pilot asal Prancis. Le Petit Prince merupakan kisah bertahan hidup dari seorang Antoine ketika pesawat yang ia kemudikan jatuh di gurun pasir Libya, 30 Januari 1935, dan nyaris mati kehausan selama tiga hari sebelum diselamatkan.

Related image
source

Bagaimana Kisahnya?

Pada bab awal, buku ini menceritakan tentang kisah seorang anak, penuh imajinasi, yang menggambar ular sanca tengah memakan seekor gajah. Ia bertanya pada orang dewasa mengenai gambarnya dan jawaban mereka sama. Gambar tersebut adalah topi, bukan gambar ular sanca yang memakan seekor gajah. Orang dewasa menasihatinya untuk lebih fokus terhadap ilmu ilmu bumi/ilmu eksak.

Sang anak patah semangat dan memutuskan untuk mengikuti nasihat orang dewasa tersebut. Sesekali ia menanyakan kembali tentang gambarannya terhadap orang dewasa yang ia temui. Jika jawabannya sama saja, maka ia tidak meneruskan kembali pertanyaan itu. Ia memahami bahwa orang dewasa selalu serius dan tidak memiliki imajinasi tinggi.

Image result for le petit prince
Source

Pada bab selanjutnya, kisah ini diteruskan dengan cerita seorang pilot yang sedang terbang dan berhenti di gurun pasir karenya pesawat yang ia kemudikan mogok. Diketahui bahwa pilot tersebut adalah seseorang yang pernah menggambar ular sanca sedang memakan seekor gajah sewaktu ia kecil. Ia sendirian dan tidak memiliki teman siapapun disana. Ia akhirnya tertidur dan bermalam disana.

Sewaktu bangun, ia mendengar ada seseorang yang tengah mengajaknya berbicara. Dia adalah pangeran cilik, seorang bocah laki laki yang menggunakan pakaian bak pangeran dan memiliki rambut berwarna keemasan. Pangeran cilik itu memohon sesuatu pada sang pilot dan meminta untuk dikabulkan. Hingga akhirnya sang pilot berkenan untuk mengabulkan permintaan tersebut

Related image
source

Hari demi hari berlalu. Pesawat sang pilot tak kunjung dapat dibenarkan. Sementara itu, perbekalan air minum sudah menipis. Bersamaan dengan hal itu, sang pangeran cilik selalu datang menemui pilot untuk bercerita mengenai bagaimana rumitnya orang dewasa. Ia juga bercerita mengenai asal usulnya.

Pangeran cilik bukan berasal dari bumi. Ia berasal dari suatu planet yang memiliki sekuntum bunga mawar dan dua gunung berapi. Serta memiliki tanaman baobab yang harus selalu ia cabuti setiap harinya. Bunga itu tampak cantik dan pangeran cilik selalu memujinya. Tanpa disadari, pangeran cilik jatuh cinta pada bunga tersebut. Akan tetapi, bunga itu sangat angkuh hingga membuat pangeran cilik meninggalkannya dan pergi berpetualang.

Image result for le petit prince
source

Pada saat ia memulai petualangan, ia mengunjungi banyak planet lengap dengan beragam jenis penghuni masing masing planet. Rata rata penghuni planet tersebut adalah orang dewasa. Ada yang berperan sebagai pemabuk, pengusaha, seorang raja, seorang yang sombong dan lain sebagainya. Secara tidak langsung, penulis mendefinisikan jenis jenis orang dewasa melalui bagian cerita ini.

Image result for le petit prince
source


"Mengadili diri sendiri jauh lebih sulit daripada mengadili orang lain. Jika kamu berhasil, maka kamu adalah orang yang bijaksana." (Raja-hlm. 47)

Setelah ia selesai mengunjungi beberapa planet, ia mendapati satu kesimpulan. Orang orang dewasa begitu rumit dan ganjil sekali.

Di akhir kisah, pangeran cilik dan pilot harus berpisah karena sudah waktunya pangeran cilik untuk pergi.

Kesimpulan
Buku ini mengajak kita, orang orang dewasa, untuk mencoba berpikir dengan sudut pandang yang sederhana layaknya anak anak. Memerhatikan dunia tidak melulu harus melalui angka angka, material atau hal hal serius lainnya. Secara tersirat, buku ini memberi tahu kita bahwa orang dewasa seringkali tak paham akan esensi kehidupan dan cara menikmati sebuah kehidupan.

Image result for le petit prince
Source

Buku ini juga mengajarkan kita untuk bagaimana menjadi orang dewasa namun tetap mampu berpikir dengan menggunakan sudut pandang anak anak. Anak anak begitu tulus dalam segala hal dan tak pernah berprasangka buruk. Berbeda hal dengan orang dewasa yang pandai bersandiwara dan seringkali tidak peduli sesama


"Hanya anak anak yang tau apa yang mereka cari" (hlm. 90)

Overall, kisah dalam buku Le Petit Prince ini sangat bagus dan layak dibaca oleh seluruh orang dewasa di muka bumi, seriously. Meskipun cover dari buku ini seperti buku anak anak, namun tidak dengan isinya yang dipenuhi oleh pesan pesan kehidupan sederhana untuk orang dewasa. Aku beri rating 9/10 untuk buku ini.

"Hanya lewat hati kita dapat melihat dengan baik. Yang terpenting tidak tampak di mata" (hlm. 88)


Image result for le petit prince
Source

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments