Ayah - Andrea Hirata [REVIEW BUKU]

April 07, 2018

Image result for ayah andrea hirata

Judul: Ayah
Penulis: Andrea Hirata
Penerbit: PT Bentang Pustaka
Cetakan Pertama: Mei, 2015

Novel ini menceritakan tentang kehidupan Sabari, seorang pria yang mencintai hanya satu wanita seumur hidupnya, yaitu Marlena. Kisah cinta Sabari dimulai ketika seorang anak perempuan merampas kertas jawabannya saat ujian dan menyalin seluruh jawaban Sabari. Marlena kemudian tersenyum sambil menyerahkan sebuah pensil, diberikan sebagai hadiah atas kebaikan Sabari. Sabari terpesona melihat mata anak perempuan itu yang indah, teduh, dan berkilau, layaknya purnama kedua belas. Sejak saat itulah sabari jatuh cinta pada Marlena. Sayang, Marlena tidak memiliki perasaan yang sama kepada Sabari.

Dalam bagian lain diceritakan pula tentang seorang anak bernama Amiru dengan ayahnya Amirza yang sangat suka mendengarkan radio sebagai satu-satunya hiburan di rumah mereka. Suatu saat Amirza harus menggadaikan radionya untuk biaya berobat istrinya. Demi bakti dan cintanya kepada ayah dan keluarganya Amiru berjuang keras agar bisa menebus radio itu.


Kembali pada kisah Sabari. Pernikahan tak membuat kisah cintanya berubah. Marlena tetap mengabaikannya bahkan mereka tak tinggal serumah sampai kemudian anak Marlena lahir. Setelah anak itu lahirpun Marlena sering pergi dan jarang tinggal dirumah. Tapi Sabari tidak mempermasalahkannya, karena dia telah menjadi seorang ayah. Zorro, begitu Sabari memanggil anak itu. Sabari sangat senang dan begitu menyayanginya. Sabari bahkan rela mengundurkan diri dari perkerjaannya demi merawat Zorro. Namun nasib malang lagi-lagi menimpanya. Marlena menggugat cerai dan merampas Zorro dari Sabari. Sabari sangat sedih sampai-sampai kehilangan semangat hidupnya.
Sahabat Sabari, Ukun dan Tamat yang tak tega melihat keadaan Sabari akhirnya bertekad mencari Marlena dan Zorro. Marlena sendiri suka kawin cerai dan hidup berpindah-pindah tempat dengan membawa Zorro. Berkat perjuangan Ukun dan Tamat akhirnya sabari bisa bertemu Zorro lagi, yang ternyata di akhir cerita baru terungkap bahwa Zorro adalah nama julukan Amiru.

Overall, cerita cukup rumit dan membuat bingung karena alur yang digunakan maju dan mundur. Tapi, jika ditelisik berdasarkan isi cerita, novel ini patut mendapat acungan jempol.
Rate: 3.5/5

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments