Punya Resolusi Membaca Banyak Buku? Ikutan Reading Challenge Dari Good Reads Yuk!

Januari 03, 2019

"Think before you speak.Read before you think."

Target baca berapa buku tahun ini?

Dunia kini telah memasuki awal pergantian tahun. Seluruh manusia berbondong bondong untuk membuat resolusi apa yang ingin mereka capai untuk tahun ini. Beberapa diantaranya, ada yang membuat resolusi akan membaca buku lebih banyak dari tahun sebelumnya. Bahkan, ada yang menargetkan secara spesifik berapa buku yang ingin ia baca. Ada yang 12 buku, 24 buku, 50 buku bahkan 100 buku dalam satu tahun ke depan. Wow! How about you? How many books will you read this year?

Berbicara tentang dunia buku dan bacaan, saya ingin berbagi pada rekan rekan sekalian tentang satu aplikasi yang sangat digemari oleh para bibliophile ataupun bookworm. Nama aplikasi itu adalah Good Reads. Yup! Good reads merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai informasi mengenai buku, ulasan buku dari berbagai orang yang telah membacanya, serta nilai rating dari buku tersebut. Selama saya memakainya, aplikasi ini terbilang cukup lengkap.

Ini contoh akun saya di good reads, hehe

Ternyata, good reads tidak hanya menjadi tempat ulasan/review suatu buku saja loh. Good reads juga memiliki fitur layaknya sosial media. Di good reads, kita dapat menambahkan teman, follow para author buku kesayangan kita, like beberapa quote yang ada di dalam buku, bergabung dengan beberapa grup dan kita juga dapat membuat bookshelf kita sendiri disini! Wow, we have to try it. We can imagine having a privat library online. Hehe.

Bisa gabung grup juga loh

Cara Membuat Bookshelf Pribadi di Good Reads
Untuk membuat bookshelf sendiri, caranya sangat gampang. Yang pertama harus kamu lakukan setelah membuka akun adalah klik tab my books. Nah, setelah terbuka, nanti dibawahnya ada tulisan "create a new tag or shelf", lalu klik tulisan tersebut. Sekarang, kamu bisa milih deh mau bikin shelf atau cuma tag doang.


Ini saya belum selesai bikin bookshelfnya xD

Bookshelf
ini penting loh karena fungsinya untuk mengelompokkan buku berdasarkan kategori. Kita pun bebas nentuin sesuka hati kita kategori bukunya apa saja yang mau kita buat. Asik banget yaa^^

Cobain Reading Challenge yuk!
Nah, ini dia yang jadi topik utama kita. Yup, Reading Challenge! Ternyata, good reads juga menyediakan fitur reading challenge loh.

Klik menu Reading Challenge untuk nentuin berapa jumlah buku yang akan dibaca

Nah, untuk ikutan "Reading Challenge" ini mudah banget. Buka akun kamu lalu pilih menu reading challenge 2019. Nanti kamu disuruh isi berapa target buku yang akan kamu baca di tahun ini. Kalo udah selesai, klik centang. Selesai deh. Yihaa.

Keunggulan lain dari fitur reading challenge ini adalah kamu bisa kasih tanda sudah sampe halaman berapa kamu baca bukunya. Caranya mudah banget! Klik buku yang sedang kamu baca (masukkan di shelf dengan kategori currently reading jangan lupa yah).


Ini contoh bukunya (FYI, ini buku yang lagi aku baca, hehe)


Setelah itu, klik "Update Your Progress", nanti muncul deh kolom tempat kita mengisi udah sampe halaman berapa bacanya. Selesai update progress baca bukunya, nanti juga akan muncul berapa persen yang udah kita baca. Keren kan!



Yeaay, bisa ngirit beli bookmark nih, hehe


Jangan lupa cobain juga fitur utamanya yaitu menulis ulasan buku yang sudah selesai kita baca. Siapa tau nih ada teman teman kita yang lain sedang mencari ulasan buku tersebut. Tentu saja, selain bisa memberi ulasan, kita juga bisa membaca ulasan dari teman sesama user good reads yang lain. Produktif banget lah pokoknya aplikasi ini.


So, udah download aplikasinya belum nih?

Nah untuk yang belum bisa langsung download dan tuntaskan reading challenge di tahun 2019 ini yaa. Mari kita isi tahun ini lebih produktif dengan lebih rajin membaca buku. ^^

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments