Review Film The Shinning (1980), Horror Jadul yang Kelam dan Menegangkan!

November 17, 2019

Judul : The Shinning (1980)
Sutradara: Stanley Kubrick
Rilis: 23 Mei 1980
Rating: 8.5/10 (Versi Ayu)





Sinopsis
Jack Torrance (Jack Nicholson) menerima pekerjaan barunya sebagai penjaga kunci di sebuah hotel terpencil bernama Overlook Hotel di saat off-season. Ia mengajak istrinya Wendy (Shelley Duvall) dan putranya Danny (Danny Llyod) untuk tinggal di hotel tersebut selama beberapa bulan. Sialnya, hotel tersebut ternyata menyimpan rahasia kelam yang misterius dan cukup menyakitkan.

Image result for the shining 1980 resensi
Source

***

Jadi gue mau cerita dulu kenapa gue bisa nonton ini film. Awalnya gue sama sekali ngga tau dengan film ini sebelum gue nonton DOCTOR SLEEP kemarin. Nah, sewaktu abis nonton DOCTOR SLEEP itu gue langsung cari review filmnya dan ternyata DOCTOR SLEEP ini merupakan lanjutan dari film THE SHINNING yang tayang pada tahun 1980 kemarin! Waaaww!!!

Kalo dihitung-hitung, udah hampir 40 tahun berlalu dan film lanjutannya baru tayang. Pantes aja gue sampe awam sama ini film karena emang udah lama banget. Selain itu, gue juga kurang update untuk film dengan genre horror karena gue orangnya cukup penakut. Ya Daripada gue nahan pipis tiap malem kan... :)

***

Apa yang Terjadi?
Cerita dimulai ketika satu keluarga yang beranggotakan Jack Torrance (sebagai ayah), Wendy (sebagai ibu atau istri dari Jack), dan Danny (anak tunggal dari Jack dan Wendy) tengah bersiap untuk berpindah ke tempat tinggal mereka yang baru. Rencananya, mereka akan pindah ke sebuah hotel bernama Overlook yang terletak di tengah-tengah daerah pegunungan.

Kepindahan mereka ke hotel tersebut dikarenakan Jack mendapatkan pekerjaan baru sebagai penjaga hotel Overlook pada saat  off-season. Hotel tersebut dalam ceritanya termasuk hotel mewah tapi cukup mencekam.

Usut punya usut, ternyata hotel tersebut menyimpan tragedi kelam yang terjadi pada masa lampau. Dulu sekali terdapat seorang laki-laki bernamaa Grady yang juga merupakan penjaga dari hotel Overlook. Awalnya semua terlihat normal dan Grady terlihat seperti manusia pada umumnya. Namun, semakin hari sikap Grady makin berubah. Hingga pada akhirnya Grady membunuh semua anggota keluarganya yang turut tinggal dengannya di hotel Overlook.

Hari demi hari berlalu. Tingkah laku Jack kian hari pun semakin berubah. Belum lagi sang anak, Danny, ternyata memiliki kemampuan supranatural yang tidak disadari oleh kedua orang tuanya. Ada lagi misteri kamar 237 yang 'katanya' tidak ada satu orang pun yang boleh memasuki ruangan tersebut.

Jack Torrance

My Impression
Creepy dan menegangkan! Itulah dua kata yang menggambarkan kesan pertama gue setelah nonton The Shinning. Di film ini, lo sama sekali gak akan nemuin jumpscare ataupun ataupun penampakan hantu seperti pada film horror pada umumnya. Bayangin deh, ada adegan dimana Danny main sepeda di hotel dan itu udah keliatan serem banget.

Image result for the shining
Source
Walau Stephan King mengatakan bahwa The Shinning ini termasuk karya yang tidak cukup bagus, tapi bagi gue ini udah yang paling keren dari film horror yang biasa gue tonton. Kalo lo pengen nonton film horror dengan suasana berbeda, lo wajib banget nonton The Shinning ini.

Ada yang nanya ke gue, haruskah nonton The Shinning dulu sebelum nonton Doctor Sleep?

Well, gue bakalan jawab mungkin iya mungkin tidak. Tergantung situasi dan kondisi. Alasan gue nonton The Shinning ini karena gue penasaran sama cerita si Danny dan keluarganya. Dan kalo lo nonton film ini, lo akan lebih ngerti waktu nonton Doctor Sleep karena beberapa adegan yang relate sama film pertamanya ini.

Baik The Shinning maupun Doctor Sleep menyimpan banyak pertanyaan bagi para penontonnya. Seperti di The Shinning ini, di akhir film lo akan nemuin satu kejadian yang bikin kita jadi mikir keras. Bahkan, gue sampe nyari arti dari kejadian itu dari referensi situs lainnya. Penasaran? Langsung nonton aja deh ya.

Overall, gue kasih rating 8.5/10 buat The Shinning! Gue suka banget sama film ini karena ngasih gue perspektif beda tentang film horror. Tanpa ada jumpscare ataupun hantu menyeramkan, The Shinning sukses bikin gue tegang dan merinding sewaktu menontonnya.

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

2 comments

  1. ih suka nonton horror, he he he...

    BalasHapus
  2. Ini blog review-review film ya teh? Film romantis dari anak SMA dong teh :D

    BalasHapus