Sekarang Tidak Perlu Khawatir Lagi! Berikut Cara Terbaik Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Oktober 10, 2019


Setiap orang tua pasti menginginkan hal-hal yang terbaik bagi buah hatinya, seperti memestikan bahwa sang buah hati mendapatkan pendidikan yang layak hingga ke perguruan tinggi. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan merupakan langkah awal menuju kesuksesan sekaligus investasi yang wajib dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat.

Meskipun tidak menjamin kesuksesan secara materi, ilmu yang didapat dari pendidikan akan menemani kita seumur hidup dan membawa kita pada kesuksesan dan kemajuan dalam pola berpikir serta wawasan. Dikarenakan hal inilah, pendidikan menjadi salah satu hal yang harus didapat oleh setiap lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Namun sayangnya, berbeda dengan negara-negara maju yang banyak memberikan keringanan serta kemudahan penduduknya dalam mendapatkan pendidikan yang layak, pendidikan di Indonesia justru kian mahal dari waktu ke waktu, yang membuat banyak masyarakatnya belum bisa mendapatkan pendidikan yang baik, dan hanya dari kalangan tertentu saja.

Karena hal inilah, tidak jarang banyak orang tua yang rela banting tulang dan bekerja keras demi memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. Nah, seiring dengan berbagai kemajuan yang ada saat ini, sebenarnya mempersiapkan dana pendidikan tidak terlalu sulit lho. Banyak sekali strategi-strategi yang bisa anda lakukan sejak dini untuk mempersiapkan dana pendidikan yang semakin mahal ini, mulai dari menabung, berinvestasi, hingga mengajukan pinjaman dana pendidikan.

Bagi anda yang saat ini tengah mencari solusi untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi sang buah hati, yuk kita simak bersama-sama mengenai cara terbaik mempersiapkan dana pendidikan berikut ini.

Cara Terbaik Mempersiapkan Dana Pendidikan


1. Melakukan Perhitungan


Related image
Source
Sebelum anda mulai mempersiapkan dana pendidikan, maka lakukanlah perhitungan terlebih dahulu mengenai berapa kisaran biaya yang anda butuhkan. Selain itu, anda juga perlu melakukan peninjauan kembali dana-dana yang anda miliki, mulai dari asuransi, dana tabungan, investasi dan sebagainya.

Jangan lupa pula untuk memasukan inflasi kepada kalkulasi anda. Setiap tahunnya, pasti akan ada kenaikan biaya, sehingga anda tidak boleh melewatkan hal tersebut. Setelah anda melakukan perhitungan total dari dana yang anda miliki, selanjutnya barulah anda melakukan perhitungan mengenai kekurangan dana yang seharusnya anda kumpulkan. Dengan begitu, anda menjadi memiliki target dan proses mempersiapkan dana pendidikan menjadi lebih jelas dan terorganisir dengan baik.


2. Investasi


Image result for investasi
Source
Saat ini sudah semakin banyak instrumen-instrumen investasi yang bisa dijadikan sebagai pilihan anda, mulai dari saham, properti, reksadana, hingga emas. Untuk mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini, ada baiknya untuk mulai berinvestasi. Namun, sebaiknya anda tidak hanya memilih satu jenis investasi saja, melainkan juga di beberapa instrumen investasi lainnya. Dengan begitu, tabungan anda akan menyebar dan berkembang dengan pesat.

Selain itu, salah satu keuntungan berinvestasi di lebih dari satu intrument, anda tidak perlu khawatir dengan risiko-risiko yang akan anda hadapi. Perlu diketahui bahwa instrumen investasi yang ada saat ini memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda, ada yang memiliki tingkat risiko tinggi namun memberikan keutungan luar biasa, namun ada pula yang memiliki tingkat risiko rendah namun memberikan perkembangan yang pelan tetapi konsisten.

Jika anda berinvestasi di lebih dari satu instrumen, jika suatu saat anda mengalami kegagalan di salah satu instrumen investasi, anda tidak akan terlalu mengalami kerugian karena masih memiliki cadangan di instrumen investasi lainnya.

3. Asuransi


Image result for Asuransi
Source
Selain investasi, asuransi juga bisa dijadikan sebagai salah satu solusi. Terdapat asuransi pendidikan yang bisa anda gunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Pada intinya, asuransi tidak jauh berbeda dari menabung dan berinvestasi, hanya saja cenderung lebih menguntungkan karena selain asuransi pendidikan, anda juga akan mendapatkan benefit lainnya, seperti asuransi jiwa, tergantung dari pihak asuransi yang anda pilih.

4. Pinjaman Dana Pendidikan


Related image
Source
Cara paling instan dan cepat, yakni dengan mengajukan pinjaman dana pendidikan. Saat ini sudah banyak sekali lembaga-lembaga pinjaman yang menyediakan pelayanan untuk pinjaman dana pendidikan bagi para orang tua yang membutuhkan. Tanpa memerlukan syarat yang muluk, dana sudah dapat dicairkan dengan kurun waktu kurang dari beberapa hari saja.
Selain itu, pinjaman dana pendidikan juga cenderung lebih fleksibel dalam hal cicilan. Bahkan, cicilan bisa dilunasi setelah sang anak telah mendapatkan pekerjaan lho. Bagi orang tua yang ingin cara instan dalam mempersiapkan dana pendidikan, pinjaman dana pendidikan ini bisa dijadikan sebagai solusi nomor 1.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa memilih lembaga pinjaman online juga perlu ketelitian dan pertimbangan yang matang. Maraknya lembaga pinjaman online yang bermunculan membuat banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan ini melakukan aktivitas yang cenderung merugikan banyak orang, seperti penipuan berkedok pinjaman online. Maka dari itu, mencari lembaga pinjaman online yang telah memiliki review baik serta terpercaya sangatlah dianjurkan.

Apabila anda bingung memilih tempat mengajukan pinjaman dana pendidikan, tidak perlu khawatir! 
Karena saat ini ada CekAja.com yang selalu siap sedia memberikan anda pelayanan terbaik dalam mengajukan pinjaman. Tidak hanya mengajukan saja, melalui CekAja.com anda juga bisa melakukan perbandingan mengenai jenis-jenis pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan anda. 


Image result for cekaja
Source

Ingin mengajukan pinjaman dana pendidikan? Di CekAja.com saja!

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/kredit-pendidikan

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

1 comments

  1. Investasi iya kan. Sudah merencanakan untuk si kecil dana pendidikan dengan menabung emas sih. Belum berani melirik asuransi.

    Cekaja nawarin kredit dana pendidikan ya. BebeRapa bulan yg lalu ada youtuber korea yang info kalau setiap mereka punya hutang untuk kebutuhan kuliyah. Jadi lulus smabpasti mereka hutang untuk pendidikan universitas bagibyg kuliah di swasta.
    Ternyata peluang memberikan pinjaman untuk pendidikan ini diambil duluan oleh cekaja ya.


    BalasHapus