Fakta dibalik Manfaat Jus Seledri yang Perlu Kamu Ketahui

Oktober 11, 2019


Sederet manfaat jus seledri memang dikenal cukup berdampak bagi kesehatan maupun kecantikan, dan hal inilah yang membuat minum jus seledri itu sendiri sempat viral di media sosial. Tidak hanya masyarakat awam, tantangan minum jus seledri bahkan sempat digandrungi oleh banyak selebriti tanah air. Namun, apakah benar bahwa manfaat jus seledri yang kita dengar selama ini benar adanya?


Image result for Jus Seledri
Source

Banyak masyarakat yang percaya bahwa jus seledri mampu mencegah maupun menyembuhkan berbagai bentuk penyakit seperti menurunkan tekanan darah, mencegah infeksi saluran kemih, hingga obat ampuh dalam mengatasi jerawat. 

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk turut serta mengikuti tantangan jus seledri ataupun menjadikan jus seledri itu sendiri sebagai gaya hidup, yuk ketahui dulu fakta-fakta dibalik manfaat jus seledri ini!

1. Detoksifikasi


Image result for Jus Seledri
Source
Salah satu manfaat jus seledri yang paling terkenal ialah detosifikasi. Jenis sayuran ini dikenal mampu meningkatkan kapasitas detoks tubuh dalam jangka panjang. Namun faktanya, detosifikasi tidak perlu menggunakan jus seledri lho. Tubuh telah mengeluarkan racun dari sistem dengan menggunakan hati, meskipun seledri yang memiliki 95% kandungan air memang dapat membantu seseorang agar tetap terhidrasi, ketika dibuat jus.

Untuk detosifikasi itu sendiri, kamu tidak perlu menggunakan jus seledri saja. Dengan mengkonsumsi jenis makanan kaya nutrisi dan melakukan aktivitas fisik secara teratur juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Membuat Kenyang Lebih Lama


Image result for Membuat Kenyang Lebih Lama
Source
Bagi yang tengah menjalankan diet, mengkonsumsi seledri bisa dijadikan sebagai pilihan. Faktanya, seledri memang bisa membuat seseorang agar kenyang lebih lama. Tidak hanya itu saja, menjadikan seledri sebagai camilan sehari-hari juga bisa berkontribusi dalam menjaga kesehatan usus serta memberi makan pada bakteri kesehatan yang terdapat di dalam usus.

3. Dapat diminum Kapan Saja


Image result for jus seledri
Source
Banyak yang mengatakan bahwa minum jus seledri sebaiknya dilakukan ketika perut masih dalam keadaan kosong, agar memberikan manfaat yang jauh lebih baik. Akan tetapi, seorang pakar kesehatan bernama Dr. Gabriella Safieh dari Parsley Health mengungkapkan bahwa tidak ada bukti medis yang mendukung mitos mengenai meminum jus seledri ketika perut kosong memiliki manfaat.

Maka dari itu, jus seledri tidak perlu dikonsumsi ketika perut kosong saja, melainkan juga bisa dikonsumsi ketika kamu menginginkannya. Jadi, jangan terlalu terpengaruh dengan apa yang kamu lihat di media sosial ya!

4. Apakah Batang Seledri Menyehatkan?


Related image
Source
Batang seledri memang dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti berpotensi dalam menurunkan peradangan, mengurangi tekanan darah, mengurangi risiko kanker, dan mencegah hilangnya penglihatan yang berkaitan dengan usia. Sehingga dibandingkan mengkonsumsi makanan lain sebagai menu camilan, kamu bisa memakan batang seledri yang dicampurkan dengan mayones atau bumbu lainnya. Namun, menjadikan batang seledri sebagai sebuah jus juga bisa dijadikan sebagai menu yang menyehatkan lho.

5. Obat Jerawat Paling Manjur


Related image
Source
Salah satu manfaat jus seledri yang mungkin paling banyak dicari oleh sebagian besar masyarakat ialah khasiatnya dalam mengobati jerawat meradang. Bagi wanita yang sering kali mengalami jerawat meradang ketika menjelang haid, mengkonsumsi jus seledri bisa dijadikan sebagai obat paling manjur. Selain itu, kandungan anti-inflamasi yang terdapat di dalam seledri pun juga dikenal mampu mengurangi kram perut.



***

Ternyata, cukup banyak mitos mengenai jus seledri yang justru sedikit melenceng dari fakta yang ada. Namun meski begitu, manfaat jus seledri tidak boleh dianggap sepele. Banyak sekali manfaat-manfaat yang bisa kamu dapat hanya dengan mengkonsumsi jus seledri secara rutin. Tidak hanya bagi kesehatan, jus seledri juga memiliki manfaat bagi kecantikan juga loh.

Ingin mulai menganut hidup sehat dengan rutin meminum jus seledri? 
Ketahui dulu manfaat-manfaat lainnya dengan membaca informasi lengkapnya berikut ini https://www.cekaja.com/info/tantangan-minum-jus-seledri-berani-coba/

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

1 comments

  1. Wah bisa dijus juga yah, selama ini taunya cmn buat di sup ma bubur ayam :)

    BalasHapus