Rainbow Cake - Rayni M. Massardi [Review Buku]

Juni 20, 2019

Judul Buku : Rainbow Cake
Penulis : Rayni M. Massardi
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 9786020629780
Tebal Buku : 256 halaman
Rilis : 27 Mei 2019
Versi : Paperback
Bahasa : Indonesia
Rate : 3,8/5






BLURB

Pengalaman di-bully pada masa remaja, membuat Hilda tidak nyaman dengan diri sendiri dan membuat hatinya mengeras. Semua itu berubah setelah ia melanjutkan sekolah ke Paris. Kegemaran barunya mengunjungi galeri seni membuatnya terpaku di hadapan sebuah lukisan yang perlahan membuka pengalaman aneh pada tubuhnya.

Ketika hijrah ke Ubud, ia mulai dihantui musik dan lagu yang tiba-tiba bersarang di benaknya. Selain merasa ngeri, mual, dan pening, ia juga menikmati gairah dan energi ganjil dari apa yang didengarnya, sampai akhirnya 
ia bertemu orang-orang dari masa lalu yang pernah melukai hatinya.

Alunan musik misterius yang terus menghantuinya perlahan mendorong Hilda melakukan hal-hal tak terduga, termasuk mewujudkan seni instalasi, Rainbow Cake, yang berakhir dengan kengerian dan malapetaka.


***

Sore itu, saat aku sedang mencari buku yang menarik di aplikasi Gramedia Digital, aku ketemu salah satu buku fiksi di kategori mystery & thriller dengan judul Rainbow Cake. Dari judulnya saja, aku sudah penasaran kenapa Rainbow Cake ini bisa masuk ke dalam list buku dengan genre mystery & thriller. Yang aku tau, Rainbow Cake ini adalah jenis kue yang digemari oleh anak-anak juga orang dewasa.

Dari covernya aja udah terlihat nuansa berdarah yang nantinya akan kita jumpai dalam novel ini.

Apa Yang Terjadi?
Rainbow cake dibagi mejadi tiga bab. Bab pertama berkisah tentang Hilda ketika berada di Paris. Bab kedua berkisah tentang Hilda ketika berada di Ubud, Bali. Terakhir, bab ketiga berkisah tentang Hilda ketika kembali ke kota asalnya, Jakarta.

Hilda, seorang perempuan yang pernah menjadi korban bullying ketika dulu masih bersekolah. Karena ia merasa tidak nyaman dengan dirinya sendiri, Hilda memutuskan untuk pergi dan melanjutkan sekolah ke luar negeri. Hilda mengambil sekolah memasak di Paris.

Suatu hari, Hilda berkunjung ke galeri seni yang menampilkan banyak lukisan dan karya seni lainnya. Ada satu buah lukisan yang ketika ia melihat lukisan itu, timbul suatu sensasi aneh dalam dirinya. Di galeri seni itu juga, HIlda bertemu dengan seorang laki-laki yang berhasil membuat Hilda jatuh cinta sekaligus takut secara bersamaan.

Ketika Berada di Ubud Bali, Hilda merasakan perasaan aneh pada tubuhnya. Hilda dihantui oleh lagu-lagu yang tiba tiba datang menghampiri pikirannya. Lagu tersebut adalah Titi Kolo Mongso dan Insun yang merupakan mahakarya dari Sudjiwo Tedjo. Hilda menikmati perasaan aneh itu hingga ia bertemu satu per satu orang orang yang dulu pernah menyakitinya.

Perasaan itu kembali diperkuat ketika Hilda kembali ke Jakarta. Perlahan, Hilda kembali mengingat kenangan pahit masa lalunya seiring dengan kedatangan teman-temannya di sekolah dulu. Hingga akhirnya terbentuklah sebuah rancangan instalasi kue bernama rainbow cake yang menyimpan sejuta misteri dan malapetaka.

Kolaborasi Dua Penulis Beda Generasi

Berdasarkan dari berita yang aku baca, Rayni M. Massardi dan Christyan AS adalah dua penulis yang saling berkolaborasi dalam menuntaskan naskah Rainbow Cake. Tepatnya, novel ini mulai digagas oleh Rayni M. Massardi pada tahun 2018 dan telah  terbit pada 2019 ini. Rainbow Cake ini juga kali pertama Rayni menulis buku dengan genre thriller.

My Impression
Aku suka dengan unsur creepy dan gore yang disajikan dalam buku ini walau alurnya terasa agak lamban dan ada beberapa penjelasan yang diulang-ulang. Buku ini fokus pada detail cerita sehingga itulah yang menyebabkan alurnya agak terasa lamban. Tapiii, aku tetap suka dengan bukunya karena penulis bisa mengambil premis yang menarik dan berhasil buat penasaran hingga akhir.

***

Kalau kamu penyuka novel dengan genre mystery & thriller, Rainbow Cake ini bisa banget jadi bahan bacaan. Novel lokal tapi kualitas gak diragukan, dijamin kamu bakalan susah nebak apa yang terjadi pada ending cerita.

Overall, 3,8/5 untuk Rainbow Cake.

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

4 comments

  1. Wah buku lokal jadi semakin banyak yg masuk ke genre mystery-thriller. Sprtinya novel ini menarik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mba, coba baca deh. Agak creepy gitu hehe

      Hapus
  2. Kelihatannya menarik banget ya mbk, dari sinopsinya keren lho, jadi penasaran...
    Bosen baca yang romantis, yang misteri gini lebih bikin kepo😁

    BalasHapus