Review Film Endgame Avengers - Inti dari Sebuah Perjalanan Adalah Akhir [SPOILER ALERT]

Mei 27, 2019


Title: Avengers - Endgame
Genre: Action, Superhero
Directors: Joe Russo, Anthony Russo
Release Date: 23 April 2019
Rate: 9/10



Telat banget gak sih kalo aku baru nulis review film endgame sekarang? Hahaa. Sebenarnya tulisan tentang review film ini sudah aku buat sejak awal Mei lalu. Tapi ya karena selalu membuat excuse dan alasan, postingan ini malah tenggelam di folder draft. Ku pikir daripada dihapus, mending lanjutin aja. Bener gak?

Sejujurnya, aku bukan satu diantara sekian banyak penggemar film superhero seperti avengers ini. Yang membuatku tergerak untuk menonton film superhero begini biasanya atas rekomendasi ataupun karena diajak teman. Nah, kalau untuk endgame ini sendiri, aku tertarik menontonnya karena merupakan klimaks dari cerita para Avengers dalam melawan Thanos, tokoh antagonis dalam film ini.

Salah satu alasan kenapa aku gak begitu suka dan gak begitu terkesima ketika ada film superhero terutama waktu Avengers - Endgame rilis adalah karena aku gak mengikuti cerita dari awal bagaimana terjadi. Avengers dirilis oleh Marvels Studios sejak tahun 2008 silam dengan Iron Man sebagai film pertamanya.

Image result for avengers endgame

Apa yang Terjadi?
Avengers - Endgame bercerita tentang perjuangan para Avengers dalam mengembalikan kehidupan setelah Thanos menjentikkan jarinya dan membuat separuh kehidupan di bumi menghilang (dapat kamu tonton dulu kisahnya di film Avengers - Infinity Wars). Sebagian karakter Avengers pun turut hilang menjadi abu bersama dengan banyak manusia lainnya. Para Avengers yang tersisa bertekad untuk mengembalikan kehidupan seperti keadaan semula.

Para Avengers yang tersisa berkumpul dan membuat rencana yang cukup ekstrim dengan risiko yang cukup berbahaya. Petualangan demi petualangan mereka jalani demi mengembalikan kehidupan bumi seperti semula walau diri mereka sendiri yang menjadi taruhan.

Karakter

Image result for avengers endgame
source
Karakter yang tampil dalam endgame ini lebih banyak dan beragam. Ada beberapa karakter yang nggak main di Infinity Wars tapi muncul di Endgame ini. Porsi setiap karakter juga sudah cukup karena gak ada karakter yang mendominasi.  Chemistry antar karakter juga terbangun dengan baik.

Karakter favoritku tetap Iron Man. Selain dia adalah Avengers pertama yang aku tau dan pernah aku tonton, aku suka akting dari Robert Downey, Jr. karena di Endgame ini dia bener-bener totalitas dalam memainkan perannya.

My Impression
Enggak diragukan lagi, hal yang membuatku takjub pada film garapan Marvel Studios adalah sisi visual yang membuatku takjub ketika menontonnya. Efek CGI yang ditampilkan pada film Endgame membuat kita berinterpretasi bahwa apa yang terjadi di film benar-benar terjadi secara nyata. Itulah kenapa, film dengan durasi tiga jam ini enggak terasa membosankan.

Belum lagi jalan cerita yang enggak mudah ditebak dan twist ending yang membuat film ini jadi semakin seru untuk ditonton. Sayangnya, karena Endgame ini seperti konklusi dari petualangan para Avengers, maka jalan ceritanya cukup padat tapi tidak mendetail. Durasi tiga jam dirasa masih kurang karena masih ada pertanyaan yang belum terjawab di film.

Kesimpulan
Dari sekian banyak film yang digarap oleh Marvels Studios, aku cuma nonton yang Iron Man, Hulk,  Ant-Man, Infinity Wars, dan terakhir Endgame ini. Well, menurutku kita enggak perlu harus nonton semua film MCU baru bisa nonton Endgame ini. Karena nanti akan ada sesi flashback dan sedikit penjelasan mengenai kejadian apa yang pernah terjadi. Jadi, film ini bisa banget ditonton meski enggak mengikuti dari film pertamanya.

Image result for avengers endgame
Source
Yang aku rasakan setelah selesai menonton Endgame adalah rasa puas dan takjub! Aku puas dengan jalan cerita yang dibangun karena enggak begitu mudah untuk ditebak. Juga takjub dengan efek visual yang ditampilkan. Buat yang suka dengan film action superhero, Endgame ini sayang untuk dilewatkan.

So, dari berbagai pertimbangan setelah nonton film ini, aku beri bintang 9/10 untuk Avengers - Endgame!


Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

2 comments

  1. Scene 'avengers... assemble'-nya juwara ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling epic pas Captain America megang mjolnir ditangannya~
      Merindingggg~

      Hapus