5 Aplikasi Smartphone Yang Dapat Membantu Puasa Kamu Lebih Efektif

Mei 29, 2019





Kegiatan yang padat tak jua dapat kita hindari meski bulan Ramadhan telah datang menghampiri. Sejatinya, bulan Ramadhan memang jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dalam beraktivitas. Justru kita seharusnya semakin bersemangat terutama ketika melakukan  ibadah karena pada bulan Ramadhan inilah pahala akan dilipatgandakan apabila kita melakukan ibadah dan amalan kebaikan lainnya. Yeay, semangat!


Meski memiliki kegiatan yang padat, sebenarnya kita masih bisa menyeimbangkan kegiatan dan aktivitas ibadah loh. Terutama di era digital saat ini yang memberi banyak kemudahan bagi umat manusia. Kita masih bisa melakukan dan menghandle aktivitas ibadah kita melalui smartphone yang kita miliki dengan cara mengunduh beberapa aplikasi. Dan di bawah ini sudah saya list beberapa aplikasi yang dapat membantu puasa kita menjadi lebih efektif di tengah aktivitas yang padat. Apa sajakah itu?




1. Mesin Pencari Sunnah





Mesin Pencari Sunnah adalah aplikasi yang menurut saya cukup worth it untuk mendukung ibadah puasa di bulan Ramadhan. Fitur dalam aplikasi ini pun cukup lengkap dibanding aplikasi lainnya dan berjumlah lebih dari 20 fitur yang dapat diakses secara gratis oleh pengguna! Wow

Semua fitur yang tersedia memiliki kelebihan bagi para penggunanya, antara lain:

- Kita dapat mendengarkan kajian langsung dari fitur rekaman kajian islami. Atau kalau kita adalah tipe visual, kita dapat menontonnya langsung melalui fitur video kajian islami. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan catatan kajian bagi para penggunanya yang ingin berbagi atau membaca materi kajian. Jadi, daripada dengerin musik saat macet atau nungguin waktu buka, lebih baik diisi dengan kegiatan mendengarkan video kajian islami.

- Lupa membawa Al-Qur'an? Tenang. Mesin Pencari Sunnah menyediakan Al-Quran digital yang telah dilengkapi dengan artinya. Jadi kalau lupa membawa Al-Quran dalam bentuk fisik, kita dapat membacanya secara digital. Selain itu, kita juga bisa mendengarkan audio murottal dari berbagai Qari' populer di dunia.

- Ingin tau informasi mengenai kegiatan kajian yang akan dilaksanakan? Aplikasi ini juga menyediakan informasi tersebut dan dapat kita akses melalui fitur Info/Jadwal Kajian. Aplikasi ini akan menghimpun semua info kegiatan kajian yang ada di Indonesia termasuk kota tempat tinggal kita saat ini.

- Lagi di luar kota dan ingin ke masjid tapi gak tau dimana? Aplikasi ini turut menyediakan fitur masjid terdekat. Melalui fitur ini, kita dapat mengetahui di mana saja lokasi masjid terdekat yang dapat kita singgahi. Tak lupa, aplikasi ini juga dilengkapi dengan waktu sholat untuk masing masing daerah di Indonesia.

- Sedang mencari artikel atau bacaan islami? Cari saja melalui MPS. Aplikasi MPS telah melakukan filter terhadap website mana saja yang dapat dijadikan sumber referensi bagi pembaca. Dengan begitu, pencarian sumber referensi akan lebih efektif dan tidak memakan banyak waktu.

- Ingin punya checklist kegiatan ibadah sehari-hari selama Ramadhan? Langsung saja buka fitur Amalan Harian di aplikasi MPS. List amalan ibadahnya lengkap mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur kembali.

- Lupa bawa buku dzikir pagi dan sore? Jangan khawatir. Aplikasi MPS juga telah dilengkapi dengan fitur dzikir pagi dan sore yang dapat diakses oleh para penggunanya.

Itu adalah sebagian fitur yang tersedia di aplikasi MPS. Masih banyak lagi fitur MPS yang bisa kita akses untuk meningkatkan efektivitas puasa kita di bulan Ramadhan ini. Jadi, masih mikir dua kali buat download aplikasinya?

2. Al-Quran Digital




Kalau di MPS kita bisa menemukan banyak fitur, beda lagi dengan aplikasi yang satu ini. Al-Quran digital adalah aplikasi yang hanya berisi bacaan Al-Quran. Biasanya aplikasi ini juga dilengkapi dengan terjemahan/arti dari ayat ayat Al-Quran. Beberapa aplikasi lainnya juga menyediakan audio murottal yang bisa kita dengarkan secara online maupun offline.

Playstore menyediakan banyak sekali ragam aplikasi Al-Quran digital ini. Kalau saya pribadi biasa menggunakan aplikasi Al-Quran Indonesia. Yang saya sukai dari Al-Quran digital ini adalah fitur bookmark dan pencarian kata dari terjemahan ayat ayat Al-Quran. Selain itu, Al-Quran Indonesia ini juga dilengkapi dengan fitur arah kiblat dan jadwal sholat.

3. Ensiklopedia Hadits




Kalau tadi kita sudah mengunduh aplikasi MPS yang unggul dengan fitur kajiannya, serta Al-Quran Indonesia dengan fitur bookmarknya, maka akan terasa tidak lengkap apabila kita tidak turut mengunduh aplikasi Ensiklopedia Hadits di smartphone yang kita miliki.

Ensiklopedia Hadits adalah suatu aplikasi yang memuat 62.000+++ hadits dari 9 imam populer di dunia. Sebagai sumber hukum kedua setelah Al-Quran, wajib bagi umat islam dalam mencari rujukan melalui hadits. Aplikasi ini dipersembahkan oleh Lidwa Pustaka yang berperan sebagai pemilik konten.

Sama seperti dua aplikasi yang telah saya sebutkan di atas, Ensiklopedia Hadits juga memuat banyak fitur yang dapat diakses oleh para penggunanya. Saya sendiri menyukai aplikasi ini karena terdapat fitur hadits pilihan setiap harinya. Sederhananya, kita akan mendapat reminder satu hari satu hadits. Atau istilah bekennya itu One Day One Hadits.

Selain fitur One Day One Hadits, aplikasi ini juga dilengkapi dengan diagram jalur sanad dari riwayat hadits tersebut serta detil dari periwayat hadits atau disebut rawi. Dilengkapi pula dengan derajat hadits apakah shahih, hasan atau dhaif. Asiknya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur bookmark, catatan juga sorotan! Yeay, jadi gak akan ketinggalan materi lagi ya kan kalau lagi ikut kajian.

4. Muslim Pro




Muslim Pro adalah aplikasi yang cukup populer di kalangan umat islam seluruh dunia. Yang menjadi keunggulan aplikasi ini adaah fitur waktu sholatnya yang cukup akurat karena dihitung berdasarkan lokasi kita saat ini dengan mengambil sudut yang tersedia. Lalu ada fitur adzan dengan suara muadzin yang dapat kita pilih.

Yang membuat aplikasi ini berbeda dengan yang lainnya adalah fitur tasbih digital serta kartu ucapan islaminya. Tasbih digital ini bisa kita gunakan ketika kita hendak berdzikir. Sedangkan kartu ucapan ini dapat kita gunakan ketika tiba Hari Raya Idulfitri maupun Iduladha.

5. iPusnas




Sudah bisa ditebak kalau aplikasi favorit saya setelah MPS adalah iPusnas, yeaay hehe. iPusnas ini sendiri adalah aplikasi perpustakaan digital yang dipersembahkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Aksaramaya selaku pengembang aplikasinya.

Melalui aplikasi ini, kita dapat mencari buku buku islami yang dapat kita baca ketika waktu luang atau saat menghadapi macet ketika perjalanan pulang secara gratis tanpa ada biaya pungutan apapun. Selain dapat menambah wawasan, membaca buku juga dapat meningkatkan daya nalar dalam diri kita loh.


***

Saat ini kita memang telah memasuki era Revolusi Industri 4.0. dimana internet dan dunia digital sangat berperan penting dalam hidup kita. Tidak ada salahnya memanfaatkan fasilitas digital dalam mencari ilmu agama. Namun, alangkah lebih baiknya apabila kita belajar ilmu agama langsung dari guru atau ustaz yang memiliki kapabilitas dan ilmu yang jelas dalam mengajar. Ilmu yang kita dapatkan tentu terasa lebih afdhal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Nah, itu tadi adalah lima aplikasi teratas yang saya rekomendasikan untuk dapat digunakan terutama pada bulan Ramadhan agar ibadah puasa yang kita jalani lebih efektif dan maksimal. Jadikan aplikasi berbasis islami diatas sebagai sarana reminder selagi beraktivitas agar kita dapat terus mengingat ibadah dan amalan lainnya. Tetapi bukan sebagai patokan utama tentunya yaa, hehe.


Jadi, bagaimana dengan 10 hari terakhir puasamu di bulan Ramadhan ini? 
Semoga tetap semangat meski aktivitas masih menggunung, ya! :)

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

14 comments

  1. sejauh ini saya langganan Muslim Pro. lumayan terbantu terutama waktu shalat dan arah kiblat kalau lagi traveling.

    BalasHapus
  2. Ada dua aplikasi yang saya baru tahu. Thankyou mbak, ternyata ada ya aplikasi untuk mencari hadits. Selama ini saya paling bolak balik buku yang tebal itu.

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat teh sharingnya,..bisa membuat aktivitas menjadi berharga dan tentunya bisa menambah pahala,..salam kenal teh,..mampir ya 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, sama sama. Terima kasih yaa sudah berkunjung :)

      Hapus
  4. Salam kunjungan dan follow sini ya :)

    BalasHapus
  5. mengikuti tuntutan jaman, beragam aplikasi untuk mendukung ibadah kita.

    Nice share mba. Salken yah

    BalasHapus
  6. Ya ampuunn, saya cuman donlot yang alquran digital, membantu banget pas lagi bete bisa langsung baca Al quran :)
    Yang lain, belum pernah nyoba, mau nyobain deh :)

    BalasHapus
  7. Wah bermanfaat nih, thanks udah share ya.. :)

    BalasHapus
  8. nggak pernah donlot aplikasi ini semua, bisa nih dicoba

    BalasHapus