7 Rekomendasi Buku Untuk Ngabuburit di Bulan Puasa Ramadhan [Ngabuburead not Ngabuburit]

Mei 06, 2019






Ahlan Wa Sahlan Ramadhan!

Ngomongin Bulan Ramadhan gak lengkap rasanya kalo nggak ngomongin momen momen saat ngabuburit. Ngabuburit yang kerap dikenal sebagai kegiatan yang dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba, biasanya diisi dengan berbagai aktivitas seperti jalan jalan sore atau berburu takjil. Ngabuburit inilah yang biasanya paling ditunggu tunggu oleh banyak orang.


Nah, untuk Ramadhan tahun ini, saya ingin mengubah konsep ngabuburit menjadi ngabuburead alias ngabuburit yang diisi dengan aktivitas membaca buku! Waaah. Selain dapat merefresh kembali pikiran, membaca buku sebelum berbuka puasa juga dapat menjadi sarana untuk menambah wawasan baru.


Buku apa saja yang bisa dibaca? Berikut saya beri 7 (tujuh) rekomendasi buku yang bisa jadi bahan bacaan ketika ngabuburead.


1. Rembulan Tenggelam di Wajahmu - Tere Liye


Image result for rembulan tenggelam

Rembulan tenggelam di wajahmu berkisah tentang seorang anak dari panti asuhan bernama Reyhan. Reyhan yang kerap disapa Rey menyimpan lima pertanyaan selama hidupnya. Mulai dari mengapa dunia begitu tidak adil padanya hingga mengapa ia tetap saja merasa hampa meski ia telah mencapai kesuksesannya.

Petualangan Rey mengarungi kehidupan dalam mencari jawaban atas pertanyaan pertanyaannya dapat kita baca dan nikmati selagi menunggu waktu buka puasa tiba. 


2. Biografi 35 Shahabiyah Nabi



Related image

Siapa yang masih ingat dengan kisah salah satu Ummul Mukminin, Siti Aisyah Radiyallahuanhu? Kalau lupa, mungkin sudah saatnya kamu kembali membuka dan membaca buku mengenai Siti Aisyah Radiyallahuanhu. Melalui buku Biografi 35 Shahabiyah Nabi ini, ingatanmu akan direfresh kembali terutama tentang wanita wanita terdahulu yang hidup pada masa Rasulullah SAW. 


3. 25 Kisah Nabi dan Rasul



Image result for kisah para nabi

Kalau tadi kita sudah membaca tentang sahabat sahabat wanita di sekitar Rasulullah SAW, sekarang saatnya membuka kembali buku mengenai kisah 25 Nabi dan Rasul. Bukan tidak mungkin bila diantara kita ada yang sudah lama tidak membaca buku tersebut hingga kemudian menjadi lupa dengan beberapa kisah yang ada.


4. Silly Gilly Daily





Ingin membaca buku yang ringan? Silly Gilly Daily adalah jawabannya. Buku ini memiliki ilustrasi yang eyecatching sehingga mampu memanjakan mata para pembacanya. Buku ini cocok untuk menjadi teman dalamenunggu waktu berbuka puasa apalagi jika kamu memiliki kepribadian yang introvert. Dimana buku ini memang dipersembahkan untuk para introvert karena kisah di dalamnya cukup relate dengan orang orang introvert.


5. Sirah Nabawiyah



Image result for sirah nabawiyah al mubarakfury coer

Apa kamu masih ingat siapa nama wanita yang menyusui Nabi Muhammad SAW ketika beliau masih kecil? Kalau kamu sudah agak lupa, ini saatnya kamu untuk kembali membaca buku Sirah Nabawiyah. 


Seperti namanya, Sirah Nabawiyah memuat kisah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW semasa hidup di dunia. Ada banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kita ambil dan kita teladani dari pengalaman manusia terbaik di dunia tersebut. 


6. Serial Bumi - Tere Liye



Image result for serial bumi

Kalau kamu tipe orang yang suka berpetualang, buku Serial Bumi dari Tere Liye ini sepertinya cocok untuk menemani waktu ngabuburitmu sebelum berbuka puasa. Dijamin, petualangan yang dilakukan Raib, Seli dan Ali akan membuatmu melupakan rasa lapar hebat yang sempat kamu rasakan.


7. Al-Quran


Image result for alquran
Source
Dari beberapa rekomendasi yang saya berikan, juga dari banyaknya buku yang ada, rasanya Al-Quran sangat saya rekomendasikan sebagai buku yang menjadi prioritas bacaan pada Bulan Ramadhan. Bulan dimana amal kebaikan dibalas dengan pahala yang berlipat ini sangat sayang dilewatkan bila tidak diisi dengan kegiatan membaca Al-Quran.

***


Nah, dari tujuh rekomendasi buku di atas, buku mana yang akan kamu baca ketika ngabuburead?

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

11 comments

  1. yups..Alquran emang mukjizat terbaik sepanjang masa

    BalasHapus
  2. Aku baru baca novel Tere Liye yang poin 1 ajah, pengen deh baca2 novel Tere Liye lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mbak, yang judulnya hujan juga bagus tuh :D

      Hapus
  3. Terlepas dari Alquran, aku sekarang (di bulan ini) lagi baca sirah Nabawiyah kak. Target Ramadhan kali ini hehehehe

    BalasHapus
  4. Bener mbak, saya utamakan Al-Qur'an, buku buku yang masih belum selesai saya baca dilanjut nanti dulu deh :D

    BalasHapus