New Year New Resolution; Apa Resolusimu di 2019?

Desember 31, 2018



2018 will soon be over.
What are the goals we have achieved?
Have we reached all our resolutions?

Pada hari Jumat, 21 Desember 2018 lalu, saya berkesempatan untuk menghadiri Sharing Class yang diadakan oleh komunitas Akademi Berbagi atau kerap disapa Akber Palembang. Komunitas akber ini memang dikenal suka mengadakan kelas kelas kreatif maupun inspiratif setiap minggunya.

Pada hari itu, tema yang dibahas adalah mengenai New Year, New Resolution; resolusi di tahun yang akan mendatang. Kelas ini diisi oleh Mbak Rafiniati, peraih Duta Bahasa Sumatera Selatan 2016 dan Terbaik III Duta Bahasa Nasional 2016. Baru-baru ini saya juga mengetahui bahwa beliau merupakan Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Sriwijaya 2017. Wow! She is inspiring female figure, isn't it? 

Image result for akber plb new year new resolution

Saya datang terlambat saat itu karena jadwal kelas yang diadakan mendekati jadwal sholat ashar. Saya memutuskan untuk datang setelah sholat ashar dan karena itulah saya datang terlambat. Tapi, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, bukan? Hiksss:')

Menarik. Kelas diisi dengan menggunakan konsep english time. Jadi, semua yang kita ucapkan menggunakan bahasa inggris. Well, ini salah satu alasan mengapa saya ingin datang. Selain bisa dapat inspirasi baru mengenai perencanaan resolusi, saya juga bisa mengasah sedikit demi sedikit kemampuan bahasa inggris saya. Yaah meskipun apa yang saya ucapkan terdengar sangat belepotan! Hehe. But, I have to keep trying it, right? :)




Ada dua topik penting yang kita bicarakan. Pertama, mengenai resolusi apa saja yang akan kita capai di tahun 2019. Kedua, mengenai bagaimana caranya agar kita tetap konsisten untuk mencapai resolusi tersebut.

Image result for resolution 2019
source

Apa Saja Resolusi yang Akan Kita Capai?

Banyak sekali resolusi inspiratif dan menarik yang disampaikan oleh peserta kelas lainnya. Beberapa diantaranya adalah

1) Coffe Entrepreneur
Salah satu resolusi yang inspiratif dari salah satu peserta kelas akber adalah menjadi Coffe entrepreneur. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa saat ini peminat kopi semakin meningkat. Kafe yang menawarkan menu menu kopi pun selalu ramai dikunjungi. Ini bisa jadi salah satu resolusi yang menarik untuk diwujudkan karena dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.


Image result for coffe
Source

2) Get a Scholarship
Ini adalah salah satu resolusi saya di tahun 2019 dan juga resolusi dari beberapa peserta kelas yang lain. Bagi para mahasiswa seperti saya, mendapatkan beasiswa adalah sebuah resolusi yang sebisa mungkin tercapai selama masa kuliah. Tentu saja, salah satu keuntungan ketika kita mendapatkan beasiswa adalah kita dapat meringankan beban finansial orang tua. Selain itu, bagi para alumnus yang akan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, beasiswa adalah hal pertama yang harus didapatkan.

Image result for scholarship
Source

3) Q-time with Family
Ini adalah resolusi dari Mbak Rafi sendiri, selaku pengisi kelas akber minggu ini. Bagi saya, ini adalah resolusi yang sangat menginspirasi. Kita sering tidak menyadari, ketika kita sedang menuju proses kedewasaan, mereka orang tua kita juga sedang menuju proses menua. Karena 'kesibukan' kita itulah yang menyebabkan kita acapkali tidak memiliki waktu lebih bersama mereka (Ahh, I love you, mom, daddy T_T).


Image result for keluarga
source

4) Active in Social Communities
Resolusi ini sangat patut untuk dicoba. Ya, sudah seharusnya masa muda diisi dengan berbagai kegiatan positif terutama di bidang sosial. Mengikuti komunitas sosial/komunitas yang berkorelasi dengan passion yang kita miliki tentu akan menunjang soft skill maupun personal branding kita kedepannya.


Image result for relawan sosial
Add caption

5) Learn More New Languanges
Dapat berbicara dalam bahasa asing merupakan skill yang harus dimiliki oleh millenials masa kini. Apalagi, Indonesia kini telah memasuki Era Revolusi Industri 4.0. dan Masyarakat Ekonomi Asean. Bahasa asing sudah tentu menjadi modal utama dalam berkomunikasi baik dalam dunia kerja maupun dunia kampus.

Well, yang membuat bahasa asing terasa 'asing' dan sulit karena kita berada di lingkungan yang kurang mendukung proses belajar itu. Namanya juga belajar bahasa. Bahasa adalah alat komunikasi kan? Nah, kalau kita tidak pernah komunikasi menggunakan bahasa itu, lantas bagaimana kita akan bisa? (Uh, kata kata ini sangat menginspirasiku. Semogaaaa 2019 aku lebih lancar bicara pake bahasa inggris :'D)

Image result for english speak
Source

Nah, itu adalah beberapa resolusi dari para peserta kelas akber. Masih ada beberapa resolusi lain seperti travel more, get a job, get married, hangout more and blog writing. Semoga dapat menjadi referensi ya untuk kalian yang belum tau apa resolusi di tahun 2019 mendatang.

Bagaimana Agar Tetap Konsisten Terhadap Rencana Pencapaian Resolusi?
Beda orang, beda pemikiran, beda pula caranya untuk melakukan sesuatu termasuk dalam perencanaan resolusi. Peserta kelas akber punya caranya tersendiri agar tetap konsisten mempertahankan semangatnya untuk mencapai resolusi. Beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu

1) Write Down in a Book
Beberapa peserta kelas akber termasuk saya sendiri, menggunakan cara dengan menuliskan resolusi tersebut di dalam buku. Ada yang di dream book atau di dalam journal. Terserah, bebas pakai buku apa saja bisa. Yang penting buku itu dapat selalu kita buka dan pakai.


Image result for resolution 2019
Source

2) Place It Wherever You Could See It Easily
Kita akan lebih mudah mengingatnya apabila kita selalu melihatnya, bukan? Sama seperti resolusi yang kita buat. Jika kita takut lupa, kita bisa meletakkan resolusi tersebut dengan cara menempelkannya di dinding kamar,  Kita juga bisa membuat resolusi tersebut dalam bentuk wallpaper handphone. Pokoknya, letakkan resolusi itu di tempat yang sering kita lihat. Dengan begitu, kita akan semakin termotivasi untuk mengejar mimpi kita.


Related image
source

3) Write It Down with Ikigai Concepts
Sebelumnya, ada yang tau ikigai? Hehe. Jadi ikigai ini adalah konsep hidup yang digunakan oleh orang jepang dalam mencapai tujuan hidupnya. Ikigai ini seperti filosofi hidup bagi orang orang Jepang agar hidup yang mereka jalani lebih bermakna dan bermanfaat.

Ikigai ini memiliki 4 bagian inti. Ada gairah (passion), misi (mission), profesi (profession), dan pekerjaan (vacation). Kemarin, Kak Yogi yang menggunakan cara ikigai ini. Beliau membuatnya dengan cara mind-mapping.

Ada juga loh buku khusus yang membahas tentang ikigai ini. Nama bukunya Ikigai; The Japanese Secret to a Long and Happy Life karya Albert Liebermann and Hector Gracia. Lalu, ada lagi karangan Ken Mogi, Ph.D.,  judulnya The Book of Ikigai.

Image result for ikigai
Source


Nah, itulah pembahasan di kelas akber pada Hari Jumat kemarin. Yuk, mumpung belum terlambat, mari kita buat resolusi apa yang akan kita capai di tahun 2019. Tanpa resolusi, tentu hidup kita akan terombang-ambing karena tidak memiliki tujuan. So, let's start now! ^^


N.B.
Special thanks for the Akber Class organizing committee. I'm sorry because I often register for classes, but I often don't come :')
Hopefully, I can come again in the next class that suits my interests^^


Image result for goals quotes
Source

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments