US - Film Horror Sejuta Makna [REVIEW FILM]

April 06, 2019

Ada satu film yang menarik perhatian gue di tahun 2019 ini. Sebuah film horror garapan Jordan Peele yang juga sebelumnya pernah menggarap film berjudul "Get Out". Film ini berjudul US.


US menceritakan tentang satu keluarga berkulit hitam yaitu Adelaide yang diperankan oleh Lupita Nyong'O dan Gabe Wilson yang diperankan oleh Winston Duke serta dua orang yang berperan sebagai anak yaitu Zora dan Jason. Saat itu mereka pergi berlibur ke pantai dan menginap di rumah masa kecil Adelaide yang terletak di pesisir pantai.

Pada awalnya mereka tidak merasakan keganjilan apapun. Kejadian teror yang menakutkan itu terjadi saat malam hari, tepatnya ketika Adelaide mengatakan bahwa ia memiliki firasat buruk dan ingin pergi terhadap rumah tersebut.

Saat itu juga, teror yang kelam dan mencekam dimulai.

AluR Cerita Yang Mengundang Sejuta Pertanyaan


review film horor us indonesia

Waktu nonton film ini, banyak pertanyaan berseliweran di kepala gue. Menurut gue, Jordan Peele memang sengaja ingin para penontonnya membuat asumsinya sendiri terutama mengenai ending dari film tersebut.

Mulai dari awal film diputar, kita dibawa kembali ke masa ketika Adelaide kecil. Masa yang menjadi penyebab mengapa teror tersebut dapat muncul. Ketika Adelaide sedang bermain ke wahana permainan, ia tak sengaja menemukan sebuah wahana yang sepi tapi menarik perhatiannya. Di sana semua bermula. Adelaide bertemu dengan sosok perempuan yang sebaya dengannya. Mengejutkan, ternyata sosok perempuan itu memiliki rupa dan penampilan yang sama dengan Adelaide asli. Sebut saja ia dengan Adelaide bayangan.

Pertanyaan pertama gue, apakah Adelaide asli bertukar posisi dengan Adelaide bayangan? Lalu, kalau memang mereka bertukar posisi, Zora dan Jason adalah anak yang memiliki darah setengah bayangan dan setengah manusia asli? (Uhm, gue inget twilight jadinya wkwk)

Pertanyaan ini muncul karena ketika Adelaide kembali ke orang tuanya setelah hilang 15 menit, Adelaide tidak mengatakan sepatah kata apapun. Orang tuanya bahkan membawa ia ke dokter untuk menanyakan sekaligus mencari solusi mengapa Adelaide tidak berbicara sama sekali dan tetap diam sepanjang hari.

Lalu, pertanyaan kedua, mengapa banyak sekali kelinci di dunia bawah tempat bayangan bayangan tersebut tinggal? Apakah kelinci itu sumber makanan mereka? Lalu, apa maksud dari adanya kelinci kelinci tersebut?

Karakter Yang Ciamik


film us

Well, para pemain film US cukup apik dalam bermain peran. Semua pemain memainkan perannya sesuai dengan porsinya masing masing. Meski karakter yang berperan tidak banyak, film ini tetap mampu mengusik emosi para penontonnya. Dan hebatnya lagi, setiap satu orang pemain memainkan dua peran sekaligus dengan karakter yang berlawanan!

Berbagai Interpretasi Makna 

Seperti yang sudah gue bilang, Jordan Peele sepertinya memang sengaja ingin membuat penontonnya memiliki berbagai macam interpretasi mengenai ending dan juga makna dari film ini. Ada yang mengatakan bahwa film ini menyindir kisah lama yang terjadi di suatu negara dan negara tersebut memiliki kesamaan nama; US (United State). Ada juga temen gue yang bilang bahwa film ini menyindir isu tentang kaum minoritas.

Yeah, gue sendiri juga sebenarnya bingung ketika ditanya apa makna yang bisa diambil dari film ini. Untuk menemukan benang merah dari film ini, menurut gue film ini harus ditonton lebih dari satu kali.

Gue setuju dengan para pendapat reviewer yang mengulas film US bahwa film US ini menyelipkan pesan; ketakutan terbesar berasal dari diri kita sendiri. Musuh terbesar kita di dunia ini bukanlah orang lain, melainkan diri kita sendiri. Dibutuhkan keberanian dan tekad yang besar untuk dapat melawan setan kecil dalam diri sendiri yang dinamai dengan nafsu.

Selain itu, ketika nonton film ini, gue menyimpulkan bahwa bayangan bayangan itu muncul karena mereka ingin membuktikan bahwa mereka ada. Ketika keluarga Wilson menanyakan pada mereka siapakah mereka. Dan mereka menjawab bahwa mereka adalah US. Nah, maksud mereka menjawab seperti itu mereka ingin keberadaan mereka juga dianggap dan dapat dimanusiakan sebagaimana mestinya. Adegan ini mengingatkan gue akan keberadaan imigran yang ada di US.

***

Walaupun film ini mengundang banyak pertanyaan, gue akui bahwa gue suka sama filmnya. Premis cerita yang luar biasa disertai berbagai interpretasi makna membuat cerita ini layak untuk menjadi tontonan akhir pekan. Ditambah lagi, film ini dilengkapi dengan suasana yang cukup kelam dan mencekam. Hii, pokoknya recommended untuk ditonton!


At least, gue beri rating 8/10 untuk film US!

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments