Menelusuri Peristiwa 98 Melalui Buku Kita Hari Ini, 20 Tahun Yang Lalu [REVIEW BUKU]

April 29, 2019


Judul Buku : Kita Hari Ini 20 Tahun Lalu
Penulis : Redaksi KPG
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Tanggal terbit : 20 Agustus 2018
ISBN : 9786024248604

Blurb
“Bu, saya mau berjuang bersama mahasiswa. Saya tidak ikut-ikutan. Saya benar-benar ingin memperjuangkan kebenaran bersama mahasiswa dan melihat jalannya Sidang Istimewa MPR,” kata Hamidah menirukan anaknya, Lukman Firdaus, siswa SMUN 3 Ciledug yang gugur dalam Tragedi Semanggi I. Mereka Gugur di Tengah Reformasi, Kompas, 14 November 1998.

Inilah yang terjadi hari-hari ini: spontanitas rakyat. Mereka mengulurkan tangan untuk membantu, seperti dulu para petani memberi makan dan tempat menginap bagi para gerilya ketika melawan tentara pendudukan Belanda.... Kini para ibu rumah tangga, bakul bermodal hanya Rp200.000, pelajar, menyerahkan uang untuk mendukung perjuangan para mahasiswa. Zaman Gerilya Terulang, Kompas, 21 Mei 1998.
 

***

Kita Hari Ini 20 Tahun yang Lalu adalah kliping yang diterbitkan dalam bentuk buku sebagai pengingat bahwa Indonesia pernah mengalami gejolak demokrasi hebat yang terjadi pada tahun 1998 silam.

Rentetan peristiwa seperti tragedi trisaksi, penyitaan buku, peristiwa kerusuhan dan lain sebagainya dikemas secara apik dan terstruktur. Buku ini layak untuk kita baca dan koleksi sebagai referensi dan pengetahuan umum terutama bagi generasi yang lahir sebelum tahun 1998. Selain itu, terdapat ilustrasi dan komik pendek yang memudahkan pembacanya dalamencerna isi buku.

***

REVIEW: 4/5 STAR

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

2 comments

  1. Antrian buku baru sepertinya bagus juga buat dibaca, jarang baca nonfiksi. Reviewnya bagus :')

    BalasHapus