[Berkelana] Menikmati Senja di Benteng Kuto Besak Bersama Tugu Iwak Belido - Palembang

Desember 08, 2018



Main ke Kota Palembang tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Benteng Kuto Besak, salah satu tempat yang menjadi ikon dan plesiran ketika berada di kota yang terkenal akan kuliner pempeknya yang lezat ini.

Nah, pada hari Jumat sore (4/01/19) kemarin, saya menyempatkan untuk mampir sebentar ke Benteng Kuto Besak setelah jalan jalan di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Suasana sore yang cukup adem membuat hati saya tertarik untuk mampir ke sini. Alasan, padahal pengen ngegalau kesini, haha.

Pemandangan di Sore Hari

Benteng Kuto Besak adalah bangunan pusat kesultanan Palembang yang dulunya berupa keraton pada abad XVIII. Orang yang menginisiasi pertama kali adalah Sultan Mahmud Badaruddin I yang berkuasa pada tahun 1724 - 1758 yang kemudian dilanjutkan oleh Sultan Mahmud Badaruddin II pada tahun 1776 - 1803.

Saat ini Pemerintah Kota Palembang tengah gencar menjadikan Benteng Kuto Besak sebagai tempat wisata baik bagi penduduk lokal maupun turis mancanegara. Banyak inovasi pembangunan yang dilakukan. Salah satunya dapat kita lihat sekarang yaitu Tugu Iwak Belido yang terletak di tengah keramaian Benteng Kuto Besak. Wow!

Tugu iwak belido ini merupakan salah satu ikonik Kota Palembang yang memiliki ketinggian 17 meter. Tugu iwak belido ini biasanya menyemburkan air pada malam hari. Jadi kayak air mancur gitu loh^^

Sayang, waktu aku ke sini, airnya gak ada :'D

Di benteng kuto besak ini terdapat banyak sekali orang orang yang berjualan. Ada yang berjualan makanan kecil hingga makanan berat seperti mie tek-tek. Ada juga yang berjualan aksesoris dan pernak pernik lucu seperti gantungan kunci, pin, dan squishy. lalu, ada juga terlihat beberapa pengamen di beberapa sudut kota. Asik banget pokoknya!

Biasanya, waktu ramai di BKB ini adalah pada sore hari. Selain dapat menikmati indahnya sungai musi dan jembatan ampera, kita juga dapat menikmati indahnya senja di sore hari. Uhuk, apa itu senja?

Senja bersama Tugu Iwak Belido :)
Pemandangan sungai musi dan jembatan ampera

Nah kalau kamu berkunjung ke Kota Palembang, jangan lupa untuk mengunjungi Benteng Kuto Besak. Rasakan sensasi menikmati senja ditemani sejuknya udara dan desiran air :)




Sources:
https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Kuto_Besak (diakses pada 6 Januari 2019)

NB.
Mohon maaf karena foto yang saya ambil tidak bagus sebab saya mengambil foto tersebut menggunakan kamera handphone :)



Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments