Clara's Medal - Feby Indirani [REVIEW BUKU]

November 25, 2017



Judul : Clara's medal
Penulis : Feby Indirani
Penerbit : Qanita
Tahun terbit : 2011

Ledakan fusi adalah ledakan yang dihasilkan dari reaksi bergabungnya inti-inti ringan menjadi inti yang lebih berat. Pada proses ini, inti-inti penyusun inti baru akan melepaskan energy yang sangat besar dan menyebabkan inti barunya mengalami kehilangan massa. Seperti yang terjadi pada matahari, yang menghasilkan energy panas yang dahsyat dan menjadi sumber kehidupan mahluk hidup di muka bumi.

Clara merupakan anak perempuan dari Bram Wibisono, fisikawan terkenal, lulusan program master dan doctoral di Amerika yang bersama sahabatnya, Prasetyo (Tyo) mendirikan FUSI (Fisika Untuk Siswa Indonesia). Lembaga yang berfokus pada pengajaran dan pelatihan fisika bagi pelajar-pelajar Indonesia yang kegiatan utamanya adalah membina tim Indonesia untuk berlaga di kompetisi fisika Internasional.

Karena tumbuh dalam lingkungan keluarga ilmuwan fisika dan aktivitas ayahnya sebagai pengelola FUSI maka dalam diri Clara terbentuk hasrat bahwa suatu saat nanti ia harus berlaga di Olimpiade fisika Internasional dan pulang membawa medali. Hasratnya ini ke
mudian menjadi kenyataan karena tanpa campur tangan ayahnya ia mampu melewati berbagai seleksi dari jenjang terendah hingga nasional sehingga ia terpilih untuk mengikuti seleksi akhir di asrama FUSI bersama ke 15 peserta lainnya.


Dengan sifatnya yang periang, Clara dengan cepat disukai oleh ke-15 peserta lainnya. Clara merupakan satu-satunya wanita yang berada di asrama tersebut. Ada George, anak Papua yang tidak bermain sepak bola, ada Made yang fans berat dengan MU, Khrisna yang selalu punya lelucon-lelucon kreatif, Dimas, lelaki sensitif, ,dll. Dari sekian banyak laki-laki yang ada di asrama tsb, yang sanggup membuatnya penasaran hanya Bagas, si misterius yang lebih suka menyendiri daripada berkumpul bersama dengan peserta lain.



Persoalan hati rasanya masih bisa menanti, sekarang tugas Clara yaitu fokus pada pelatihan ini. Karena diantara ke-16 peserta FUSI, hanya 12 peserta yang akan diberangkatkan ke Singapura untuk mengikuti Olimpiade Internasional Fisika. Persaingan pun tercium ketika tekanan dari berbagai pihak mulai bermunculan. Kecurangan terjadi dan rasa saling curiga pun tak bisa dihindari. Masalah yang lebih besar dan rumit pun terjadi ketika salah satu peserta, Bagas menjadi tahanan polisi dan keberangkatan mereka semua ke Singapura terancam batal, duh.


FYI, buku ini tidak terpaku hanya pada persoalan fisika, tapi juga pada persahabatan ke-16 peserta, rasa kekeluargaan dan kesolidan yang mereka rasakan, rasa percaya, serta saling mendukung dan tak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai tekanan yang datang dari segala sisi. 

Rate:7/10

Kamu Juga Harus Membaca Postingan Ini

0 comments